DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 20 Desember 2018 / 09:25 WIB

BESOK, DIRESMIKAN SULTAN

Revitalisasi Pedestrian Malioboro Selesai

YOGYA, KRJOGJA.com - Revitalisasi kawasan sumbu filosofi yang telah dimulai dari penataan semi pedestrian di kawasan Malioboro, pengembalian vegetasi perindang dan penggantian lampu hias antik dari Tugu Pal Putih hingga Jalan Pangurakan dinyatakan selesai 100 persen. 

Ikon legendaris destinasi wisata di DIY tersebut kini semakin cantik sehingga siap menyambut dan membuat nyaman para wisatawan pada liburan panjang akhir tahun 2018 ini. Menandai pemanfaatannya, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X akan meresmikan revitalisasi jalur pedestrian kawasan Malioboro tersebut bersamaan dengan diresmikannya gerbang Kompleks Kepatihan sisi barat pada Jumat (21/12) besok. 

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUPESDM) DIY Muhammad Mansur mengemukakan, penataan jalur pedestrian sisi barat kawasan Malioboro sudah selesai semua, termasuk pengembalian vegetasi perindang sumbu filosofi yaitu pohon Asam dan Gayam dan lampu antik ikonik Yogyakarta di sepanjang Jalan Margo Utomo. Penataan pengembalian tanaman perindang sumbu filosofi dan lampu hias di Jalan Margo Utomo tersebut telah selesai karena satu paket dengan revitalisasi jalur pedestrian di kawasan Malioboro sisi Barat hingga Jalan Pangurakan.

"Semua sudah selesai 100 persen pembangunan fisiknya baik untuk jalur pedestrian, vegetasi tanaman dan lampu dari Jalan Margo Utomo hingga Jalan Pangurakan. Kita akan canangkan pemanfaatannya baik jalur pedestrian sisi barat, Jalan Margo Utomo sekaligus Gerbang Kompleks Kepatihan sisi Barat oleh Guburnur DIY Sultan HB X pada 21 Desember 2018,” ujar Mansur kepada KR di Yogyakarta,
Rabu (19/12).

Mansur menegaskan pencanangan pemanfaatan tersebut harus dilakukan sebelum libur Natal 2018 ini agar bisa digunakan masyarakat maupun wisatawan baik wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) dengan nyaman. Sedangkan untuk gedung sentra pedagang kaki lima (PKL) kawasan Malioboro di lahan eks bioskop Indra belum memungkinkan diresmikan akhir
tahun ini. Meski pembangunan gedung utamanya sudah selesai paketnya 100 persen yang akan diserahterimakan pada 23 Desember 2018. Pihaknya masih harus merampungkan pembangunan area-area pendukung seperti taman dan sebagainya tahun depan. (Ira)