DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 20 Desember 2018 / 10:54 WIB

Desainer Muda Diminta Perkuat Soft Skill


YOGYA, KRJOGJA.com - Banyaknya desainer muda yang tergeser oleh desainer senior karena kurang menguatkannya soft skill dan hanya berfikir tentang hard skill saja. 

Demikian disampaikan Artwira (29) arsitek lulusan UII sebagai salah satu pemateri sharing class dan founder acara ini. Mengangkat tema "Rahasia Bikin Baper Client, membangun Hardskill dan Softskill sebagai kekuatan desainer dalam menghadapi kompetensi di Industri Kreatif". 

Pemateri menjelaskan bagaimana cara meluluhkan konsumer. Salah satunya yaitu dengan cara mengintimidasi, karena dengan meyakinkan konsumer diharapan mereka akan mengikuti yang disarankan para desainer. Namun, desainer harus berani membuat konsumer penasaran terhadap karyanya dan mau menghargai tinggi. 
Selanjutnya, kata Artwira mengakomodasi serta kompromi dimana cara terahir agar konsumer tidak semena-mena terhadap desainer dalam mengembangkan usahanya, dengan saling menguntungkan di kedua belah pihak. 

"Saya tidak dibayar mahal karena karya, tapi saya terbayar mahal oleh karya itu. Perlu dipahami bahwa pentingnya keseimbangan antara soft skill dan hard skill yang harus dimiliki oleh para desainer muda masa kini. Karena dalam menghadapi industri kreatif harus mampu memiliki kedua unsur tersebut untuk berkiprah di dunia desain pada umumnya, "ujarnya di cafe Toen Watiman Jl. Taman Siswa Nomor 12 pada Rabu (19/12/2018).

Acara ini merupakan kelas rutin setiap 3 minggu sekali yang diadakan oleh Aksamata, jagonya grafis dan art satyagasti. "Harapan diadakannya acara tersebut guna untuk mengkolaborasikan kemampuan yang dimiliki peserta dan juga wadah bagi para desainer pemula untuk belajar lebih jauh tentang desain" ujar sasa (22) salah satu peserta sharing class. (Ika Nur Vitaliya)