Gaya Hidup Agregasi    Kamis, 20 Desember 2018 / 00:43 WIB

Bikin Kualitas Sperma Memburuk, Hindari 8 Makanan Ini Bro!

MUNGKIN Anda adalah salah satu dari pria yang sedang berencana memiliki momongan, namun belum kesampaian? Patut waspada, ternyata pola makan Anda bisa menjadi faktor buruk yang mempengaruhi kualitas sperma.

Dikutip dari Smartparents pada Rabu, (19/12/2018), berikut adalah makanan yang harus dibatasi demi menjaga kualitas sperma:

Kenali Masalah Infertilitas dan Penyebabnya yang Jadi Persoalan Banyak Pasutri
Makanan manis

Mengonsumsi makanan yang kadar gulanya tinggi seperti kue, manisan, bahkan soda bisa merusak kualitas serta jumlah sel sperma yang diproduksi. Terlebih, Anda rentan dengan risiko obesitas serta tekanan darah tinggi yang menurunkan kesempatan Anda bisa mempunyai keturunan.


Daging Olahan

Anda sering menyantap daging ham, salami, atau bahkan hot dog? Memang lezat, namun Anda harus kurangi porsinya karena daging tersebut mengandung hormon yang berlebih. Karenanya bisa menyakiti jumlah testosterone seorang pria serta mempengaruhi ukuran pinggang dan serangan jantung.

Makanan kaleng

Hidangan seperti sardine atau kacang yang dikemas dalam kaleng memang praktis serta enak. Tapi, menurut dokter kebidanan dan ginekologi Dr. Peter Chew, makanan ini mengandung bisphenol A atau BPA yang kandungannya sama seperti estrogen, yaitu bisa merusak jumlah dan kualitas sperma Anda.

Jeroan

Sudah tak asing bila bagian organ sapi seperti jantung, usus, atau lidah menjadi santapan orang lokal. Tetapi, kandungan mineral kadmium bisa dijumpai padanya, yang mana menurunkan kesuburan sel sperma. Terlebih bila Anda merupakan seorang perokok.

Alkohol

Anda patut mengurangi kadar alkohol yang masuk ke tubuh. Karena menurut ahli urologi Dr. Ho Siew Hong, minuman bir bisa meningkatkan jumlah estrogen namun menurunkan kualitas sperma. Bukan hanya itu, organ hati Anda bisa menjadi taruhannya.

Olahan kacang kedelai

Kelezatan produk seperti tahu, tempe, serta susu kacang kedelai sudah tak perlu diragukan lagi. Tapi, hati-hati karena seperti alkohol, kacang kedelai mengandung zat penambah estrogen pada tubuh.


Olahan susu sapi

Kualitas sperma Anda bisa menurunkan karena meminum susu penuh lemak. Pestisida dan bahan kimia ada pada pakan sapi, dapat diturunkan kepada kualitas susu perahnya yang mana berbahaya bagi kesehatan sperma.

Sayuran dan buah non-organik.

Masih banyak beredar sayur serta buah yang belum bebas pestisida dan bahan kimia di pasaran, cobalah untuk mencari sayur dan buah organik. Sebab, sayuran yang masih terdapat pestisida bisa menimbulkan infertilitas pada pria. (*)