Hiburan Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 18 Desember 2018 / 11:30 WIB

Ragam Budaya Pekanbaru Hadir di Ruang Kita Festival

PEKANBARU, KRJOGJA.com – Beragam seni budaya khas Pekanbaru, tersaji dalam Ruang Kita Festival 2018 dan ini juga menjadi panggung kreativitas warga Bumi Lancang Kuning.
 
Ruang Kita Festival 2018 dipusatkan di Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandarserai) purna MTQ Pekanbaru, Riau. Digelar 18-23 Desember 2018, opening ceremonynya ditandai dengan pemukulan kompang dan pelepasan balon. 

Staf Gubernur Riau Bidang Ekonomi Joni Irwan mengatakan, Ruang Kita Festival menjadi event terbaik. "Festival ini membuka ruang seluas-luasnya. Mereka di sini memberikan ruang kreativitas. Sebab, event ini memang dibuka seluas-luasnya bagi mereka. Berbagai latar belakang berkumpul di sini,” ungkap Joni, Selasa (18/12).
 
Ruang Kita Festival menyajikan content masif. Ada parade seni budaya, slot penghobi tanaman, aksi sosial, hingga expo. Event ini juga ramah bagi para milenial. 

Joni menjelaskan, festival ini menjadi media pertemuan beragam kreativitas terbaik. Ruang Kita Festival juga menambah warna Pekanbaru, apalagi mereka baru mengaktivasi kembali Malacca Strait Jazz, Sabtu (15/12).
 
“Pekanbaru semakin memiliki banyak pilihan. Sebelumnya ada Malacca Strait Jazz dan kini Ruang Kita Festival digelar. Event ini menjadi media pertemuan antara kita dengan kita. Pertemuan antara pelaku seni, kuliner, para pengrajin, hingga kalangan pelajar. Khusus para milenials, mereka adalah aset terbaik dari Pekanbaru dan Riau,” lanjut Joni.
 
Ruang Kita Festival total menampilkan 45 seni pertunjukan. Seni dan budaya yang ditampilkan pun sangat beragam. Festival ini bahkan merangkul kekayaan budaya yang dimiliki nusantara. Event ini juga menyajikan 90 stan kuliner dan cenderamata. Ada juga pameran 115 karya foto dan lukisan.
 
“Festival ini menguatkan Bandar Seni Raja Ali Haji sebagai gerbang seni dan budaya. Dengan semangat kreativitas, semua berkumpul di sini. Event ini tentu menjadi energi terbaik untuk pariwisata Riau. Dan, kami berterma kasih karena event ini direspon baik oleh semua,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal Usman. (*)