DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 18 Desember 2018 / 17:56 WIB

Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya Tempuh 10 Etape

BANTUL, KRJOGJA.com - Dalam memperingati Hari Juang Kartika, TNI AD memiliki tradisi pelaksanaan Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya. Peleton Beranting ini menandakan penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan terutama Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Disatuan wilayah Kotama Kodam IV Diponegoro, peleton beranting Yudha Wastu Pramuka secara resmi diberangkatkan dititik start lapangan Paseban Bantul oleh Danrem 072 Pamunkas Brigjen TNI M Zamroni, Minggu (16/12/2018). Dalam upacara pemberangkatan peleton beranting ini ditandai dengan penyerahan simbol-simbol atau panji korps Infanteri kepada peserta tonting.

Dari Bantul peletong beranting ini akan menempuh jarak perjalanan jalan kaki sekitar 250 km melewati beberapa wilayah kabupaten Bantul, Kulonprogo, Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, Pemalang dan Pekalongan. Perjalanan ini dibagi menjadi 10 etape dan tiap etape akan serah trima simbol dan panji Korps Infanteri TNI AD.

Dalam amanat Pangdam IV Diponegoro yang disampaikan oleh Danrem 072 Pamunkas, peleton beranting ini sangat penting untuk generasi prajurit maupun generasi muda, karena hal ini guna membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk mentransformasikan nilai-nilai kejuangan pada setiap diri prajurit saat ini, baik dalam pola tindak dan perilaku yang sejalan dengan nilai-nilai yang telah diwariskan oleh para pendahulu Korps Infanteri,” tegasnya.

Sementara itu Dandim 0729 Bantul, Letkol (Inf) Yuswanto dalam mengikuti kegiatan pemberangkatan tonting ini menyampaikan peserta tonting memiliki tugas yang berat. Disamping untuk menguji ketahanan fisik prajurit, kegiatan ini juga untuk menguji kekuatan mental dan kecintaan akan TNI AD.

“Kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan dilandasi semangat kejuangan yang tinggi, patriotisme dan nasioalisme pasti tugas ini akan menjadi ringan dilaksanakan," jelasnya.

Dalam pelaksanaan tonting yudha wastu pramuka jaya Kodam IV/Diponegoro ini diikuti oleh 7 satuan batalyon korps Infateri diwilayah Kodam IV Diponegoro diantaranya adalah Yonif 403 WP, Yonif 405 SK, Yonif 406 CK, Yonif 407 PK, Yonif 410 Alugoro, Yonif 411 Pandawa dan Yonif 413/Bremoro. (*)