DIY Editor : Danar Widiyanto Selasa, 18 Desember 2018 / 17:10 WIB

Laboratorium Kimia-Biologi USD Siap Dibangun

SLEMAN, KRJOGJA.com - Laboratorium Kimia dan Biologi Universitas Sanata Dharma (USD) di Kampus III USD Paingan Depok Sleman siap dibangun. Adapun peletakan batu pertama dilakukan oleh Rektor USD, perwakilan Sogang University Seoul dan Pemerintah Korea Selatan, Selasa (18/12/2018).

"Tiga tahun lalu, kami dan Sogang University menyusun proposal untuk dana hibah dari Pemerintah Korea Selatan. Setelah menang dan disetujui, akhirnya kami mendapat dana hibah untuk pendirian Program Studi Pendidikan Kimia USD," ungkap Rektor USD Drs J Eka Priyatma MSc PhD.

Menurutnya, lab tersebut memiliki empat lantai dan berstandar internasional. Adapun pembangunan gedung dilakukan oleh yayasan dari USD, sedangkan peralatannya akan ditanggung oleh Sogang University dengan dana hibah tersebut.

Dikatakan, gedung lab biologi lama satu lantai dibongkar terlebih dahulu. Barulah dibangun gedung baru empat lantai untuk kimia, biologi dan sains. "Kami sengaja tidak mengurangi lahan hijau, tetapi gedung lab satu lantai kami bongkar dan diganti bertingkat. Ini kami lakukan karena USD selalu memperhatikan lingkungan," tandasnya.

Rektor USD juga menyatakan, pendirian Prodi Pendidikan Kimia itu juga sebagai pengabdian pada masyarakat yang secara khusus ingin meningkatkan kapasitas guru-guru sains dan matematika. Bahkan dia ingin kedepannya bisa menjadi 'science teachers center' di Indonesia. 

"Rombongan dari Korea Selatan ini datang ke USD karena memonitoring dan evaluasi proyek yang sudah berjalan tiga tahun atau sejak dibukanya Prodi Pendidikan Kimia di USD. Disamping itu, mereka juga akan mengunjungi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta, Rabu (19/12/2018) besok," jelas Eka. (Adk)