DIY Editor : Agus Sigit Senin, 17 Desember 2018 / 21:10 WIB

UIN Sunan Kalijaga adakan India-Indonesia Higher Education Forum

YOGYA, KRJOGJA.com - UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan Kedutaan Republic of India untuk Indonesia mengadakan seminar pendidikan perguruan tinggi yang bertajuk India-Indonesia Higher Education Forum pada Senin (17/12). Acara ini diadakan sebaagai salah satu rangkaian acara Indian Culture Week yang dibuka pada Senin (17/12) hingga Minggu (23/12). 

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kali ini didapuk menjadi tuan rumah rentetan acara India Culture Week ini. Acara ini dibuka oleh Prakash Gumpta selaku Deputy Chief of Mission Embassy of The Republic of India untuk Indonesia dan Drs. Phill Sahiron selaku Wakil Rektor UIN Sunan Kalijaga. Dalam sambutannya, mereka menyambut baik acara ini denga harapan acara sepert ini dapat diadakan secara rutin kedepannya.

Acara ini juga mendatangkan beberapa pembicara diantaranya Markand Sukhla sebagai Directorate of Jawaharlal Nehru Indian Culture Centre, Vishesh Chandrasheakar, Directorate Corporation and Public Relation Acharya University dan Tri Septiana Kurniati, dosen bahasa inggris Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Dalam seminar ini, para pembicara menjelaskan tentang kehidupan di India hingga akses pendidikan yang bisa didapatkan disana. "Most of India People can speak english properly, so you won't get lost. Our education fee is also quite cheaper than Europe and America, no need to worry'' Mereka menambahkan bahwa India merupakan negara yang muslim friendly, akses yang mudah dan juga harga yang terjangkau."

Tak hanya dari kalangan mahasiswa saja, peserta seminar berdatangan dari berbagai kalangan seperti para siswa SMA, akademisi, dsb. Acara ini medapatkam antusiasme yang cukup tinggi terbukti dengan jumlah pendaftar hingga kurang lebih 250 pendaftar.

(Nabila Khoirunnisa Harliani/Magang UIN)