Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 17 Desember 2018 / 15:30 WIB

Jasad Bayi Di Tempat Sampah Gegerkan Mojosongo

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Jasad berjenis kelamin laki-laki ditemukan warga tereletak di tempat sampah di belakang Kantor Kecamatan Mojosongo, Senin (17/12) pukul 06.30 WIB. Diperkirakan, bayi tersebut ditelantarkan beberapa jam setelah melahirkan.

Dari informasi yang dihimpun, bayi malang tersebut petama kali ditemukan Jumino (53), warga Siswodipuran, Boyolali Kota. Saat pedagang sayur keliling tersebut melintas di belakang kantor kecamatan, ia melihat sesosok tubuh di tumpukan sampah di sisi jembatan. Awalnya ia mengira sosok tersebut adalah boneka. Saat didekati, ia mendapati sosok tersebut adalah bayi dalam posisi terlentang. Ia pun langsung melaporkan temuannya tersebut ke petugas kecamatan yang kemudian meneruskannya ke Polsek Mojosongo.

Kapolres Boyolali, AKBP Kusumo Wahyu Bintoro melalui Kasatreskrim, AKP Willy Budianto mengungkapkan, bayi malang tersebut langsung dibawa ke RSUD Pandan Arang untuk divisum. Olah TKP telah dilakukan. Berbagai informasi dari warga telah dikumpulkan, dengan tujuan identitas pelaku pembuangan serta motifnya bisa segera diungkap. 
"Semoga bisa terungkap dalam waktu yanv tak lama," tegasnya.

Sementara itu petugas medis RSUD Pandan Arang yang melakukan pemeriksaan jasad bayi, dr. Yosef Anggoro, menjelaskan, bayi tersebut berukuran 52 cm dengan berat 3,5 kg. Tali pusar bayi dalam keadaan terpotong secara teratur dengan sisa panjang 5 cm. Dari mulut bayi ada cairan warna kuning yang sudah mengering dan dari lubang duburnya terdapat bekas meconium. Ia memperkirakan, bayi tersebut dibuang kurang dari 6 jam sebelum ditemukan. (Gal)