DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 17 Desember 2018 / 09:15 WIB

Guguran Lava Pijar Merapi Sudah Mengarah ke Gendol

YOGYA, KRJOGJA.com - Aktivitas Gunung Merapi terus mengalami peningkatan. Guguran lava pijar selama ini banyak jatuh ke kawah puncak, kini sudah jatuh ke arah hulu Kali Gendol. Adanya perkembangan arah guguran tersebut tertayang, Minggu (16/12/2018) malam dalam video pemantauan yang tersebar di beberapa media sosial.

Tayangan video yang tertulis dari dokumen Bidari Merapi, terlihat guguran lava pijar keluar dari ujung kubang lava dan jatuh ke arah hulu Kali Gendol. Terlihat dalam video, tanggal pengambilan gambar tanggal 16 Desember 2018, pukul 19.09 WIB.

Adanya informasi tersebut, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tekonologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Dr Hanik Humaida membenarkan arah guguran lava sudah mengarah ke hulu Kali Gendol. Dijelaskan Dr Hanik, aktivitas guguran lava sudah dimulai sejak bulan Agustus, namun guguran banyak jatuh ke kawah puncak Gunung Merapi.

Terhadap perkembangan tersebut, seperti pada himbauan BPPTKG sebelumnya, warga diminta untuk waspada. Sedangkan informasi terkait perkembangan bencana, hendaknya diperoleh dari sumber resmi untuk menghindari penyebaran hoax (berita bohong). (Dev/Jon)