Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 17 Desember 2018 / 02:50 WIB

Jalan Tol Wilangan-Kertosono Dibuka, Kemacetan Diharapkan Berkurang

SOLO, KRJOGJA.com - Kemacetan parah yang terjadi di persimpangan Mengkreng, Kertosono, diharapkan selesai dengan beroperasinya jalan tol Solo-Ngawi ruas Wilangan-Kertosono pada akhir Desember.

“Insya Allah akan diresmikan presiden pada 20 Desember,” kata Direktur Utama PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) Iwan Moedyarno, Minggu (16/12/208).

Ruas Wilangan-Kertosono sebelumnya dikhawatirkan tidak selesai pada akhir tahun ini. Yakni, menunda janji Presiden Joko Widodo untuk mengoperasikan seluruh ruas jalan tol trans-Jawa pada akhir 2018. Namun, Iwan meyakinkan bahwa operasional akan dibuka sesuai jadwal.

Dia menjelaskan, meski progres fisik belum sempurna, ruas Ngawi-Kertosono sepanjang 39 kilometer tersebut siap dioperasikan setelah melalui evaluasi mendetail. “Setelah pengoperasian, ada masa uji coba selama 1 hingga 2 minggu tanpa tarif,” jelas Iwan.

Iwan optimistis pengoperasian tol ruas Wilangan-Kertosono bisa mengurangi kepadatan di pertigaan Mengkreng. Sebab, kendaraan dari timur (Mojokerto dan Surabaya) bisa langsung masuk tol dan tidak perlu masuk ke jalan nasional melewati Mengkreng. “Begitu juga dari barat dan sebaliknya,” jelasnya.

Sebelum tutup tahun, pemerintah menargetkan mengoperasikan empat ruas tol. Yakni, Batang-Semarang, Semarang Solo ruas Salatiga-Kartasura, Ngawi-Kertosono-Kediri ruas Wilangan-Kertosono, dan Gempol-Pasuruan ruas Pasuruan-Grati. Empat ruas itu akan melengkapi jaringan jalan tol trans-Jawa dari Merak-Surabaya.(*)