Olahraga Editor : Danar Widiyanto Senin, 17 Desember 2018 / 03:10 WIB

400 Karateka Ikuti Gashuku dan Ujian Kyu

BANTUL, KRJOGJA.com - Sebanyak 400 karateka Lembaga Karate-do Indonesia (Lemkari) DIY mengikuti gashuku dan ujian kyu semester II tahun 2018 di SMAN 2 Banguntapan Bantul, Jumat - Minggu (14-16/12/2019). Kegiatan ini digelar untuk mengetahui kemampuan karateka selama berlatih di ranting atau dojo di wilayah DIY.

"Dengan gashuku dan ujian kyu ini kami berharap para karateka Lemkari DIY dapat meningkatkan kemampuan, tak hanya kuantitas tetapi kualitas para atletnya," ujar Anggota Dewan Guru Pengurus Besar (PB) Lemkari, Shihan Eka S Asmarawati di sela-sela kegiatan.

Untuk itu, keberadaan Lemkari sebagai salah satu perguruan besar harus dibarengi dengan dengan kerja keras baik pelatih maupun atlet untuk mendapatkan hasil maksimal. Karena tanpa kerja keras mustahil dapat mencapai apa yang diharapkan.

Sementara Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Lemkari DIY, Sense Ilham Murdiatno menyampaikan rasa terima kasih kepada para karateka yang telah mengikuti gashuku dan ujian kyu yang digelar setiap dua tahun sekali. Gashuku sendiri merupakan latihan bersama untuk menyamakan gerakan para karetka anggota Lemkari.

Meski pada hari kedua gashuku hujan cukup deras tetapi tak menyurutkan para karateka untuk mengikuti materi dari awal hingga akhir mulai dari kihon, kata sampai kumite. Sementara ujian kyu yang diikuti karateka sabuk putih hingga coklat pada hari terakhir berjalan cukup lancar.

"Setelah gashuku dan ujan kyu ini, kami masih mempunyai agenda dua tahunan berupa Kejurda Lemkari pada Februari 2019. Kejurda sebagai sarana menjaring atlet berbakat yang akan dididik menjadi atlet Binpres Lemkari DIY," jelasnya.

Sementara ketua panitia gashuku dan ujian kyu, Senpai Wasisto menambahkan, para karateka peserta gashuku dan ujian jyu sendiri berasal dari rating dan dojo di DIY seperti Bantul, Kota Yogyakarta, Sleman, Kulonprogo dan Gunungkidul. Untuk itu ke depan diharapkan para peserta ujian dapat meningkat dan lebih banyak lagi. (Usa)