Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Minggu, 16 Desember 2018 / 22:50 WIB

Media Azerbaijan Terpukau dengan Lagu Indonesia

AZERBAIJAN, KRJOGJA.com - Jelang tutup tahun 2018, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Baku, Azerbaijan, menyelenggarakan malam apresiasi dengan rekan-rekan pers dari berbagai media lokal Azerbaijan.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 50 orang awak media di Azerbaijan, baik dari media cetak, elektronik dan online.

"Kegiatan malam hari ini sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama baik yang terjalin selama ini antara media outlet di Azerbaijan dengan KBRI Baku,” kata Dubes RI Baku, Husnan Bey Fananie di Landmark Hotel, Baku, Jumat (14/12/2018) waktu setempat.

"KBRI Baku juga berterima kasih atas persaudaraan yang terjalin selama ini antara Indonesia dengan Azerbaijan. Dalam kesempatan yang baik ini kami berharap semoga kedepannya hubungan kerjasama kita dapat lebih erat lagi dan jalinan persaudaraan Indonesia dan Azerbaijan akan semakin baik," tambahnya.

Untuk menciptakan suasana yang ringan, dekat dan hangat, KBRI Baku menyuguhkan konser musik Indonesia, yang dibawakan khusus oleh Dubes RI Baku bersama para mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam organisasi Persatuan Pelajar Indonesia Azerbaijan (PPIA). Pada saat pertemuan pula bertepatan dengan Hari Wafatnya Bapak Bangsa Azerbaijan.

"Pada 12 Desember, kita semua memperingati hari wafatnya Heydar Aliyev, yang terus menginspirasi kita sampai sekarang, semoga generasi penerus bangsa Azerbaijan dapat terus mengikuti jejaknya dalam membangun negerinya," tambah Husnan yang tahun ini mendapat predikat Duta Besar sahabat media Azerbaijan 2018.

Setiap lagu yang dibawakan oleh Dubes RI pada malam itu, diberikan informasi pendahuluannya agar para hadirin dapat memahami konteks dari musik yang disajikan.

Musik-musik yang dibawakan adalah lagu-lagu Indonesia, lagu-lagu Azerbaijan dan juga lagu-lagu Barat, kebanyakan bertemakan perdamaian untuk dunia dan juga mengenai persaudaraan.

Dalam kesempatan yang sama beberapa perwakilan dari awak media di Azerbaijan juga ikut berbicara di hadapan khalayak dan menyampaikan apreasianya atas kinerja KBRI Baku di sepanjang tahun 2018.

"Kami menyampaikan selamat atas kesuksesan sebuah Kedutaan Besar Asing di Azerbaijan yang dengan sukses menyelenggarakan kegiatan festival yang besar dan Kedutaan Indonesia merupakan salah satu Kedutaan yang paling aktif di Baku," ujar Ramila Eminli, Editor In Chief, World Community Magazine.(*)