Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 16 Desember 2018 / 16:52 WIB

Masyarakat Diimbau Cerdas Dalam Bermedsos

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Masyarakat diimbau untuk cerdas dalam memanfaatkan dan menanggapi informasi dari media sosial (medsos). Informasi yang beredar perlu diverifikasi agar tidak terjebak dalam informasi yang menyesatkan.

Hal tersebut dikupas dalam talkshow mengenai media sosial dengan tajuk 'Dunia Ini Tidak Sebatas Media Sosial, Posting yang Penting Bukan yang Penting Posting" di Balai Sidang Mahesa, akhir pekan kemarin. 

Wakil Rektor UNS, Widodo Muktiyo, yang menjadi narasumber menjelaskan, medsos bisa berefek positif dan negatif, tergantung kecerdasan dan kedewasaan masyarakat dalam mengolah informasi yang beredar. "Supaya yang positif yang diambil, yang tidak perlu dihilangkan dan ditinggalkan," katanya.

Kedewasaan dalam menanggapi informasi dari medsos, diantaranya dengan tidak menjadi relasi pasif dan harus melakukan verifikasi kepada pemberi informasi. Hal itu diperlukan agar penerima informasi tak terjebak dalam kesesatan informasi. Masyarakat juga diimbau untuk tidak menyebarkan berita yang tak diklarifikasi hanya untuk sensasi semata. (Gal)