Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 16 Desember 2018 / 11:38 WIB

Di Kendal, 262 Orang meninggal Karena HIV/AIDS


KENDAL, KRJOGJA.com - Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kendal cukup tinggi, dari taun 2000 hingga bulan nopember tahun 2018 mencapai 874 kasus. Dari kasus tersebut sebanyak 492 orang HIV dan 382 orang AIDS. Untuk tahun 2018 kasus HIV/AIDS hingga bulan nopember 2018 mencapai 100 orang.

Demikian dikatakan oleh Muntoha, SKM, MKes Kabid Pencegahan dan Penanggulangan penyakit Dinas Kesehatan Kabupten kendal Minggu (16/12). Semakin meningkatnya dari tahun ke tahun penderita HIV/AIDS membuat Dinas Kesehatan bekerja keras untuk menguranginya dengan memberikan penyuluhan akan bahaya HIV/AIDS tersebut. 

"HIV/AIDS adalah penyakit berbahaya, untuk itu diharapkan masyarakat mewaspadai dan menerapkan pola hidup sehat dan setia kepada pasangan,'ujar Muntoha. Jumlah orang yang meninggal akibat penyakit yang hingga kini belum ada obatnya tersebut mencapai 262 orang sejak tahun 2000. 

Para penderita HIV/AID umumnya adalah usia produktif dari umur 25 hingga 50 tahun, akan tetapi diluar itu balita bahkan bayi ada yang tertular. "Penyakit ini menular melalui hubungan seksual dan juga hubungan darah, dan upaya kami merangkul beberapa relawan untuk terus-menerus memberikan penyuluhan,"lanjutnya.

Salah seorang pendamping lapangan Lokalisasi Gambilangu (GBL) dan Alaska (Alas Karet) Sunarti mengatakan tidak mudah membuat para PSK sadar, akan tetapi dengan pendekatan secara perlahan menyadari bahaya penyakit HIV/AIDS. 

"Kami secara rutin melakukan penyuluhan dan pendampingan serta pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan dinas kesahatan,"ujar Sunarti. (Ung)