DIY Editor : Agus Sigit Minggu, 16 Desember 2018 / 03:11 WIB

Baksos Alumni UGM Pendukung Jokowi Meriah

SLEMAN, KRJOGJA.com - Bakti sosial (baksos) yang diselenggarakan para alumni UGM Pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin di Joglo Mbah Mono, Dusun Gondanglutung Ngaglik Sleman, Sabtu (15/12/2018) berjalan meriah. Ratusan warga memanfaatkan program yang dihadirkan seperti pemeriksaan kesehatan gratis dan pasar sembako murah.

Koordinator Baksos Alumni UGM Pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, Ir Budi Setiyono MM mengatakan, suasana pesta rakyat sengaja dihadirkan dalam kegiatan baksos ini, sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa pesta demokrasi (Pemilu) harus dilaksanakan dalam suasana riang gembira, penuh kegotong-royongan dan saling menghormati satu sama lain. "Kita juga sampaikan kesuksesan pemerintahan Presiden Jokowi, sehingga kepemimpinannya layak dilanjutkan," terang Budi kepada KRJOGJA.com disela kegiatan.

Terkait isu yang beredar bahwa kegiatan baksos ini mengandung unsur politik uang karena panitia meyebarkan kupon sembako secara gratis, hal itu tidak benar dan telah dibantah oleh Budi. Menurut Budi, sembako tidak dibagikan secara gratis. Konsep acaranya adalah pasar murah dan masyarakat diharuskan membeli sembako berupa beras 2 kg, minyak goreng 1 liter dan gula pasir 1 kg seharga Rp 15.000 dengan menunjukkan kupon. Adapun kupon dimaksudkan supaya antrean lebih tertib. "Artinya kegiatan pasar murah dalam baksos ini bukan temasuk dalam pelanggaran 'politik uang', karena masyarakat diharuskan membeli kupon pasar sembako murah," katanya.

Selain itu, menurut Budi, kegiatan baksos ini tidak ada kaitannya dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). Kegiatan ini murni inisiatif alumni UGM yang dikoordinatori Ir Budi Setiyono MM. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Sleman terkait kegiatan ini. "Petugas Bawaslu juga ada yang hadir dalam kegiatan baksos ini, dan mereka bilang tidak ada masalah," pungkas Budi. (Dev)