DIY Editor : Agus Sigit Minggu, 16 Desember 2018 / 01:17 WIB

JADI KADO ISTIMEWA PAK KADES

Gubernur DIY Resmikan Kantor Desa Caturtunggal

SLEMAN, KRJOGJA.com - Ada yang spesial pada Peresmian Kantor Pemerintah Desa Caturtunggal Depok Sleman, Sabtu (15/12/2018). Pasalnya, hari itu bertepatan dengan HUT ke-15 pernikahan sang Kepala Desa Caturtunggal Agus Santoso.

"Panitia disini yang juga staf saya tidak tahu kalau acara peresmian kantor Desa Caturtunggal pas dengan HUT pernikahan saya. Jadi ini kado istimewa bagi saya. Apalagi yang meresmikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X," tutur Agus Santoso disela peresmian.

Dia menjelaskan, proses pembangunan atau rekonstruksi gedungnya dimulai sejak 2016 hingga 2018. Ada lebih dari 20 ruang yang siap digunakan untuk kinerja pemerintah desa tersebut. Maka tak heran jika pembangunannya menelan anggaran sebesar Rp 9,1 miliar.

Menurutnya, pembangunan perlu dilakukan mengingat bangunan sudah berumur dan banyak atap yang bocor. "Sudah 32 tahun umur bangunannya, jadi perlu direnovasi. Hanya pendoponya saja yang dipercantik, kalau yang lain bangunan baru dan berlantai dua. Kedepan, semua ruangan akan kami pasang AC," tuturnya.

Hal itu dilakukan, lanjut Agus, agar pelayanan pada masyarakat Desa Caturtunggal menjadi lebih prima. Bahkan pihaknya ingin kawasan kantor tersebut bersih dan bebas sampah. "Awal 2019, saya akan terapkan aturan buang sampah termasuk puntung rokok harus pada tempatnya," tandas Agus.

Dalam sambutannya, Gubernur DIY menyambut baik dan mengapresiasi balai desa tersebut. Hanya saja, pembangunan ini juga harus diikuti dengan peningkatan mutu para stafnya. Hal ini mengingat wilayah Desa Caturtunggal sangat strategis lantaran banyak perguruan tinggi, sekolah, rumah sakit dan pusat perbelanjaan besar.

"Saya berharap momentum hari ini jadi titik awal dan perkembangan desa, sekaligus tonggak sejarah baru. Tetapi, faktor manusia lebih penting. Karena yang jadi pegelola dan pengayom masyarakat adalah perangkat desa itu sendiri," harap Sultan. (Adk)