Wisata Editor : Agung Purwandono Sabtu, 15 Desember 2018 / 11:04 WIB

Dua Warung Makan dengan Menu "Ndeso" Ini Cocok untuk Liburan Keluarga

SLEMAN, KRJOGJA.com - Penghujung tahun yang semakin dekat menandakan semakin dekatnya liburan panjang akhir tahun. Umumnya, masyarakat menghabiskan hari libur ini untuk berkumpul bersama keluarga.

Salah satu yang tak boleh dilewatkan saat liburan adalah wisata kuliner. Seiring berkembangnya zaman, berbagai kuliner modern pun bermunculan.

Akibatnya, kuliner dengan menu dan suasa tradisional pun mulai sulit ditemukan. Nah, bagi anda yang ingin bernostalgia suasana serta menu kuliner tradisional, berikut beberapa warung makan dengan menu "ndeso" yang cocok dinikmati bersama keluarga:

1. Wedhangan Kampoeng

Rumah makan ini menyuguhkan suasana khas pedesaan lengkap dengan suara sungai yang mengalir, kebun hijau yang segar dan kolam ikan yang menyejukkan mata. Interior warung ini pun dibuat setradisional mungkin. Terbukti dengan bentuk rumah joglo di tempat makan utama, kursi yang terbuat dari batang kayu dan rotan hingga tempat minum seng khas tempo dulu. Menu makanannya pun tak kalah menarik, rumah makan ini menyediakan beragam masakan tradisional mulai dari gorengan, sayur-sayuran seperti tumis daun pepaya, urap, pecel, dsb.

Lauk pauknya pun beragam mulai dari duo tempe tahu bacem, lele mangut hingga aneka pepes. Semuanya dibanderol mulai dari 1.000 rupiah untuk makanan dan 3.000 rupiah untuk minuman. Bertempat di Jl. Kaliurang km 12,5, Sleman, warung ini buka mulai pagi hari pukul 07.00 hingga 14.00 untuk menu prasmanan dan 16.00-24.00 untuk menu angkringan.

2. Kopi Klotok

Tidak jauh beda dengan rumah makan sebelumnya, warung makan ini juga menawarkan suasana alami nan tradisional. Paduan pemandangan sawah yang hijau, tempat makan utama berbentuk rumah joglo hingga pernak pernik tempo dulu. Menu makanan andalannya adalah sayur lodeh dengan lauk telur serta tempe goreng.

Sedangkan makanan ringan andalannya adalah pisang goreng yang bisa membuat anda mengantri cukup panjang untuk mendapatkannya. Harganya yang terjangkau dan suasana yang tradisional membuat warung ini ramai dikunjungi pelancong dari luar kota.

Warung ini beralamatkan di Jl. Kaliurang km.16, Pakembinangun, Sleman. Sedangkan cabang lainnya di Jl. Seturan Raya, Kledokan, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta.

Bagaimana tertarik untuk mencoba kuliner ini? (Nabila Khoirunnisa Harliani/Magang UIN)