Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 14 Desember 2018 / 06:06 WIB

Sebelum Jabat Komandan Paspampres, Maruli Simanjuntak Hijaukan Lahan Kritis

MAGELANG, KRJOGJA.com - Penanaman pohon dalam rangka optimalisasi lahan kritis dan pencanangan rintisan desa wisata berbasis lingkungan dilaksanakan di Dusun Puluhan Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Kamis (13/12/2018). 

Tidak hanya masyarakat luas yang melakukan penanaman pohon beberapa jenis buah tersebut, tetapi juga mantan Kasdam IV/Diponegoro yang menduduki jabatan barunya sebagai Komandan Paspampres Brigjen TNI Maruli Simanjuntak, Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI M Zamroni, Komandan Rindam IV/Diponegoro, Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono SIP, Forkopimda Kabupaten Magelang maupun lainnya.

Perwira Seksi Teritorial Kodim 0705/Magelang  yang juga Perwira Penyelenggara Kegiatan Penanaman Pohon Kapten Arm Nursigit dalam laporannya mengatakan ada beberapa jenis tanaman yang ditanam, dintaranya pohon alpukat (100 pohon), kopi robusta (150 pohon), jeruk nipis (400 pohon), jeruk keprok siam (150 pohon), jambu kristal (350 pohon) dan klengkeng (150 pohon). Kegiatan ini juga merupakan kegiatan penghijauan memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2018.

Sebelumnya Brigjen TNI Maruli Simanjuntak dan Danrem 072/Pamungkas bergantian menyerahkan alat tulis kepada beberapa perwakilan pelajar serta pembagian bibit tanaman buah kepada beberapa perwakilan warga. Di Dusun Puluhan Ketep ini juga dilakukan pembuatan infrastruktur jalan sepanjang 2,3 Km.

Brigjen TNI Maruli Simanjuntak mengatakan kegiatan penanaman pohon ini sebenarnya merupakan salah satu kegiatan Kodam IV/Diponegoro. Kegiatan seperti ini sudah dilakukan di desa-desa lain, dan kegiatan ini lebih kepada suatu awalan mengoptimalkan, memotivasi untuk memulai menanam, khususnya lebih kepada tanaman poduksi. (Tha)