DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 14 Desember 2018 / 07:37 WIB

Sekda Desak Investor Realisasikan Usahanya

WATES, KRJOGJA.com - Tiga belas investor yang sudah membebaskan lahan lebih dari satu hektar, meliputi industri strategis, sudah mengurus proses perizinan dan belum memulai usahanya, diminta egera merealisasikan kegiatan usahanya. 

"Minggu yang lalu ke-13 investor sudah kami undang untuk konfirmasi langsung mengenai permasalahan yang dihadapi, kenapa sampai tidak segera membangun pabrik atau merealisasikan usahanya," kata  Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo, Ir RM Astungkoro MHum.

Astungkoro menegaskan, pihaknya bersama Tim Fasilitasi Investasi Daerah terbuka lebar membantu pengusaha jika di lapangan ditemukan kesulitan, termasuk terkait kemudahan perizinan. Apalagi, yang diundang tersebut yang sudah lebih dari tiga tahun membebaskan lahan, tetapi belum ada tanda-tanda segera dibangun usahanya.

"Kalau tidak segera dibangun, maka tidak ada manfaatnya bagi daerah, tidak ada multiplayer effect bagi perekonomian daerah," tegasnya sambil menjelaskan pentingnya investasi untuk memberi lapangan kerja, terserapnya produk lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Namun demikian, pihaknya menyesalkan ketidakhadiran 6 pengusaha yang diundang pada pertemuan tersebut. Astungkoro sudah memerintahkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), Agung Kurniawan SIP MSi untuk menindaklanjuti hal tersebut.

Ditambahkan Astungkoro, pemkab berharap tahun depan semua kegiatan usaha tersebut dapat direalisasikan. Bila sampai tahun depan pabrik belum berdiri, maka kami akan mengevaluasi perizinan yang sudah diterbitkan, bahkan kami akan cabut izinnya," tandas Astungkoro. (Wid)