DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 13 Desember 2018 / 20:16 WIB

TUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR

Siswa SD Unggulan Aisiyah Bantul Ikuti Cooking Class

YOGYA, KRJOGJA.com - Puluhan siswa-siswi SD Aisyiyah Bantul mengikuti kegiatan kelas memasak (cooking class) di salah satu rumah makan cepat saji di Yogyakarta, Kamis (13/12/2018). Kegiatan ini sengaja digelar pihak sekolah untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur bagi para siswa.

Kepala SD Unggulan Aisyiyah Bantul, Suwardi MPd mengatakan cooking class ini diikuti 30 siswa. Selain untuk menumbuhkan jiwa wirausaha bagi para siswa, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memupuk rasa kebersamaan dan menumbuhkan semangat saling bantu-membantu.

“Dengan acara ini anak-anak bisa menghargai makanan dan mereka juga belajar memasak serta tahu prosesnya dari awal hingga akhir. Kegiatan ini juga untuk mempererat keakraban sesama wali murid yang ikut mendampingi,” jelasnya disela kegiatan.

Suwardi mengungkapkan cooking class sengaja dilaksanakan usai penilaian akhir semester dan merupakan kegiatan ekstra diluar proses belajar mengajar di sekolah. Suwardi berharap dengan mengenalkan jiwa entrepreneur sejak dini maka nantinya dapat berguna bagi bekal para siswa kedepan.

Bersama guru pendamping sekolah, Fanis Sofyan Raharjo para siswa diajak untuk membuat makanan olahan pizza mulai dari mengolah adonan, meracik, memanaskan di tungku hingga menyajikannya. Pizza hasil olahan para siswa ini selanjutnya dibagi untuk kemudian dimakan bersama para wali murid.

Salah seorang siswa kelas 3, Ale yang mengikuti cooking class ini mengaku senang dengan kegiatan ini. Selama ini ia hanya tahu produk makanannya saja, namun tak mengetahui bagaimana proses pembuatan hingga terciptanya sebuauh pizza yang lezat.

“Senang sekali bisa ikut acara ini, jadi tahu cara bikin pizza dan belajar masak. Semoga besok bisa jadi pengusaha pizza,” ujarnya polos. (Van)