DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 13 Desember 2018 / 09:10 WIB

Rusuh Suporter PSIM, Kerugian SSA Rp 40 Juta

BANTUL, KRJOGJA.com - Kasus kerusuhan penonton di akhir laga PS Tira melawan PSIM pada ajang 64 besar Piala Indonesia, Selasa (11/12/2018) lalu berdampak pada rusaknya sejumlah fasilitas Stadion Sultan Agung (SSA). Kerugian pun ditaksir mencapai Rp 40 juta akibat ulah tak bertanggungjawab saat penonton masuk ke area lapangan. 

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul melalui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Disdikpora Bantul, Drs Sapto Priyono MM mengatakan dari hasil inventarisir yang telah dilakukan, sejumlah fasilitas diketahui mengalami kerusakan. “Kemarin pendataan awal sudah kami lakukan dan ada beberapa yang mengalami kerusakan,” ungkapnya pada KRjogja.com, Kamis (13/12/2018). 

Beberapa kerusakan di beberapa bagian stadion kebanggaan masyarakat Bantul ini menurut dia diantaranya, rusaknya jaring gawang, rusaknya papan iklan (a-board) di pinggir lapangan, pintu kaca, hingga perlengkapan toilet umum di tribun sisi timur. “Perkiraan kami kerugiannya mencapai kurang lebih Rp 40 juta,” imbuh dia. 

Sementara Kasie Sarana dan Prasarana, Bidang Pora, Disdikpora Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya SIP menjelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak PS Tira selaku penyewa stadion pada laga tersebut. “Dalam rekomendasi peminjaman stadion kan sudah tertera, bahwa jika ada fasilitas stadion rusak akan mengganti. Jadi, ya kami tunggu saja dulu, tapi menurut pihak Tira mereka akan bertanggungjawab,” tandasnya. 

Seperti diketahui pertandingan PS Tira melawan PSIM dihentikan menit 80 setelah ribuan suporter turun ke lapangan akibat tak puas dengan kepemimpinan wasit. Mereka melampiaskan amarah juga kepada para pemain dan official PS Tira yang ternyata berani untuk memberikan perlawanan. 

Kondisi sempat tak terkendali hingga akhirnya pertandingan tak bisa dilanjutkan. Pengawas pertandingan pun tak bisa berbuat banyak memberikan laporan pertandingan terhenti menit 80 untuk kemenangan sementara PS Tira 2-0. 

Pertandingan sendiri berjalan menarik di mana kedua tim saling jual beli serangan. PSIM yang mulai persiapan secara mepet diluar dugaan mampu memperagakan permainan cantik dan memberikan perlawanan bagi tuan rumah. (Fxh)