Gaya Hidup Editor : Agus Sigit Rabu, 12 Desember 2018 / 17:50 WIB

Komet Ini Bakal Dekati Bumi pada 16 Desember 2018

JAKARTA, KRJOGJA.com - Fenomena alam tampaknya akan kembali menyambangi Bumi. Kali ini komet paling terang tahun ini, komet 46P/Wirtanen akan mendekati Bumi pada 16 Desember 2018.

Dilansir dari laman NBC News, Selasa (10/12/2018) komet tersebut melewati Bumi setiap 5,4 tahun dan merupakan salah satu dari tiga komet yang ditemukan oleh Carl Wirtanen pada 1948 di observatorium Lick di California.

Menurut Space, orbit ini akan menjadi salah satu orbit komet yang paling dekat ke Bumi sejak tahun 1950-an. Komet 46P/Wirtanen kemungkinan tidak akan memiliki ekor besar yang dapat diamati karena ukurannya yang relatif kecil yakni 0,68 mil dengan diameter.

Ini sepersepuluh ukuran Komet Halley yang populer. Saat ini, komet tersebut merupakan objek biru kecil di langit malam. Pada titik terdekat ke Bumi, komet akan berada pada 30 kali jarak Bumi dari bulan, sekitar 7,2 juta mil jauhnya. Fenomena ini harus diamati dengan mata telanjang dari lokasi dengan sedikit polusi cahaya.

Komet itu akan melintas di langit Selatan, di dekat rasi bintang Orion. Meskipun dapat dilihat dengan mata telanjang cara terbaik untuk mendapatkan sekilas komet ini adalah dengan teropong atau teleskop. (*)