Olahraga Editor : Danar Widiyanto Senin, 10 Desember 2018 / 14:31 WIB

2018, Tahun Penuh Gemilang Bulu Tangkis Indonesia

JAKARTA, KRJOGJA.com - Wiranto, Ketua Umum Pengurus Puaat Persatuan Bulungkis Indonesia (PP PBSI),  mengaku jika tahun 2018 merupakan capaian prestasi bagus para pebulutangkis nasional.  Paling tidak sepanjang tahun ini 51 gelar juara di arena internasional berhasil diraih pebulutangkis Indonesia. Diahatsu Master yang akan digelar 22-27 Januari 2019, akan menjadi pijakan meraih prestasi lebih baik di tahun depan. 

"Keinginan kita apa yang kita peroleh di tahun inl dengan 51 gelar juara, tahun depan akan lebih baik lagi," kata Wiranto kepada wartawan pada acara bulutangkis Daihatsu Indonesia Master di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Hadir pada acara tersebut, Ahmad Budiarto, Sekjen PP PBSI, Ichiro Otaki, GM Overseas Sales and Marketing Promotion Daihatsu Motor Co. Ltd, Amelia Chamdra (Direktur Daihatsu Astra) dan beberapa pebulutangkis nasional, Tontowi Ahmad, Jonathan Cristie, Fajar dan Gregoria Mariska.

Lebih lanjut Wiranto mengatakan meski ingin menggapai prestasi lebih baik,  namun diakuinya tidak permah menetapkan target khusus pada para pemain,  termasuk untuk kejuaraam bulutangkis Daihatsu Indonesia  Master.  Meaki tahun 2018 Indonesia berhasil meraih 2 gelar juara. Tunggal putra, diraih oleh Anthoni Sinisuka Ginting dan ganda putra oleh Kevin/Gideon.

"Saya tidak terbiasa membebani anak buah atau pun pemain saya dengan target yang muluk. Bagi saya ikut turnamen dan mencapai prestasi maksimal adalah perwujudan dari proses latihan yang kontinyu," katanya.

Terkait hal tersebut Peraih medali Asian Games 2018, Jonatan Christie bertekad tampil maksimal di ajang turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2019 ini. "Tahun lalu saya disingkirkan unggulan 3 dari Korea. Tahun 2019 ini saya harap situasi akan berbeda. Hasil yang baik di Asian Games kemarin  membuat saya bertekad untuk tidak mengecewakan para pendukung dari tuan rumah," kata Jojo.

Sementara Ganda campuran legendaris Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ingin tampil maksimal dan meninggalkan kesan baik saat terakhir kali tampil bersama di Daihatsu Indonesia Masters 2019.

"Memang ini terakhir saya tampil bersama Cik Butet.  Target kami tentunya tampil baik dan maksimal. Kami hanya berharap bisa memuaskan kerinduan para penggemar yang sering menanyakan kapan saya tampil lagi bersama Cik Butet," kata Tontowi.

Liliyana Natsir sendiri melalui rekaman video mengaku akan tampil maksimal  sebelum mengundurkan diri sebagai pemain. "Saya bersama Owi akan tampil sebaik mungkin, juga untuk memberi motivasi kepada para pemian muda agar selalu tampil maksimal," kata Liliyana.

Daihatsu Indonesia Masters 2019 akan diikuti sejumlah pebulutangkis utama Indonesia seperti Tontowi/Liliyana, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Greysia Polii/Apriyani Rahayu serta pemain tunggal seperti Jonatan Christie dan Gregoria Mariska Tunjung.

Turnamen akan juga diikuti para pemain utama dunia seperti dari Tiongkok, Jepang, Korea Selatan dan negara-negara Eropa. (Sim)