Wisata Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Desember 2018 / 05:31 WIB

Alana Yogyakarta Libatkan Tamu Hotel Gerakan Program Tanam Pohon

PROGRAM menanam pohon bukan hanya program menanam pohon saja, tetapi fokus sebagai program yang berkelanjutan. Aksi nyata dari The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta melakukan program menanam pohon yang melibatkan tamu hotel. Gerakan ini dilakukan selain dalam rangka Go Green, juga merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab selaku pelaku industri perhotelan merealisasikan penghijauan di area hotel. Selain itu, program ini merupakan revolusi penghijauan lingkungan hotel yang sekarang telah menjadi kebutuhan masyarakat juga terhadap gaya hidup yang ramah lingkungan, serta untuk menyikapi perkembangan penurunan derajat lingkungan. 

“Tidak sekedar menanam, tetapi kami juga fokus pada program yang berkelanjutan. Pohon-pohon yang ditanam akan terus dirawat dan dipelihara di bawah pengawasan kami," demikian disampaikan oleh Syaiful Manan – General Manager The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta. 

Pohon pohon yang ditanam adalah pohon buah buahan. Lokasi penanaman pohon ada di area Pawon Semar, outlet tradisional yang dimiliki oleh hotel. Area tersebut diberi nama 'Garden of Fame', karena pohon pohon yang ditanam oleh tamu tamu penting yang menginap di hotel. 

Seperti ada pohon Jambu Jamaica yang ditanam oleh Ibu Anne Avantie, designer terkenal yang sudah menjadi legendaris di Indonesia. Pohon Mangga Madu ditanam oleh salah satu pimpinan Pertamina Persero yang sudah mengadakan kegiatan besar di The Alana Yogyakarta, juga ada tamu yang loyal dari awal hotel buka hingga saat ini ikut menanam pohon. Pohon yang ditanam oleh tamu tersebut adalah jenis pohon kelengkeng. 

Pohon pohon itu akan dirawat terus oleh hotel dan menjadi sejarah ataupun kenangan bagi yang pernah menanam pohon. Lewat penanaman pohon, diharapkan dapat menjaga resapan air di wilayah hotel areadan sekitarnya serta melestarikan lingkungan berupa penanganan limbah dan pemulihan ekosistem, dan tentunya mendukung program penghijauan. (Apw)