DIY Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 04 Desember 2018 / 12:07 WIB

Asian Three-Fold Mirror 2018 : Journey Tayang di JAFF

YOGYA, KRJOGJA.com - Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) ke 13 yang resmi dibuka pada 27 November 2018 telah menayangkan beberapa film dari beberapa negara, salah satunya film Asian Three - Fold Mirror : Journey yang tayang pada Senin, (04/12/18) di Empire XXl Yogyakarta.

Film ini merupakan proyek kerjasama antara Japan Foundation Asia Center dengan Tokyo International Film Festival (TIFF). Ada 3 film pendek karya sutradara-sutradara Asia yang terpilih yaitu film The Sea karya Degena Yun (China), Hekishu karya Daishi Matsunaga (Jepang), dan Variable No.3 karya Edwin (Indonesia) dengan tema “Journey’. Film ini menggambarkan karakter - karakter kehidupan di Jepang, Myanmar dan China yang berbeda-beda. 

Film pertama yang ditayangkan yaitu The Sea, dibintangi oleh aktris Jin Chen dan Zhe Gong dan Nicholas Saputra ini menceritakan perjalanan ibu dan anak dengan karakter yang berbeda. Mereka melakukan perjalanan dari Beijing menuju lautan lepas. Film ini Menyoroti hubungan orangtua dan anak sekaligus menyampaikan hubungan manusia dalam budaya China. 

Film kedua yaitu Hekishu yang dibintangi oleh aktor Jepang Hiroki Hasegawa dan Nandar Myat. Film ini menceritakan seorang pengusaha Jepang bernama Suzuki yang tinggal di Yangon, Myanmar. Ia merasakan aspek emosional masyarakat Yangon yang seolah kehilangan kotanya karena pembangunan infrastruktur meletakkan “intimasi” sebagai dasar dalam hubungan antarmanusia dengan tema besarnya adalah “Perjalanan”.

Film ini diakhiri dengan penanyangan Variable No.3 karya sutradara Indonesia yaitu Edwin. Film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra, Oka Antara dan Agni Pratistha ini menceritakan sepasang suami istri yang sedang berlibur ke Jepang dan bertemu seorang pria bernama Kenji, ia seorang peneliti hubungan pernikahan sekaligus pemilik penginapan. Ia mengetahui bahwa sepasang suami istri ini tengah mengalami masalah dalam hubungan keintiman kemudian Kenji memberikan solusi hubungan pernikahan yang cukup kontroversional.

Dalam tiga film yang diputar, aktor Nicholas Saputra terlihat tampil di semua episode dengan karakter yang berbeda-beda. “Awalnya, karakter yang diperankan oleh Nicholas Saputra di film saya ini kami bahas dan kemudian mereka mendapatkan ide untuk memasukkan karakter Nicholas Saputra dalam dua film yang lain.” Ungkap Edwin selaku Sutradara. (Betty Rofiatun Nisa/UIN)