Wisata Editor : Danar Widiyanto Selasa, 04 Desember 2018 / 01:11 WIB

Hujan-hujan Mahasiswi Yogya Suka Apa?

YOGYA, KRJOGJA.com - Awal bulan Desember, curah hujan di Kota Yogya mulai meningkat. Hampir setiap hari hujan ringan hingga sedang mengguyur. Masyarakatpun terlihat sudah bersiap menghadapi musim hujan dengan menyediakan jas hujan atau payung untuk menunjang aktifitas sehari - hari. Tak hanya itu, mahasiswa sebagai salah satu penghuni terbesar di kota pelajar ini rupanya memiliki menu andalan saat musim hujan tiba. 

"Mie Instan atau bakso kuah pedas," ujar Nike (21) mahasiswi salah satu perguruan tinggi negeri saat ditanya mengenai menu favoritnya saat musim hujan. Mie instan memang akrab di kalangan mahasiswa khususnya di tanggal tua.

Selain mie instan, menu favorit mahasiswa lainnya adalah bakso. Adonan daging sapi atau ayam yang di buat berbentuk bulat pada umumnya, di tuangi kuah kaldu dan diberi aneka rempah. Sebuah perpaduan yang indah untuk dinikmati saat hujan turun. 

"Karena bakso menghangatkan dan lebih terasa enak dilidah ketika hujan, sensasinya beda gitu, entah kenapa," ungkap Betty (24) mahasiswi manis dengan senyum lebar sembari menyantap bakso kesukaannya. Meski mengaku sebagai pecinta bakso di segala musim, namun menurut Betty, menikmati bakso saat hujan memiliki sensasi yang berbeda. 

Bakso adalah salah satu menu kuliner dengan harga yang ramah di kantong mahasiswa. Cukup dengan uang sebesar Rp 10.000 - Rp 18.000 saja, sudah bisa menikmati semangkuk bakso. Meskipun terbuat dari bahan dasar berupa olahan daging sapi atau ayam, namun sajian dalam semangkuk bakso bisa beraneka ragam. Mulai dari varian bakso tulang, bakso urat, bakso kerikil hingga bakso isi keju.  

Seiring perkembangan zaman dan menggeliatnya industri kuliner. Macam varian sajian bakso juga mulai beraneka ragam. Selain bakso dengan kuah kaldu, varian bakso bakar juga banyak penggemarnya. Baik mahasiswa atau penggemar bakso pada umumnya kini bisa menikmati aneka macam varian bakso. Kalau kamu, menu andalan saat musim hujan apa? (Mutiara Chika/UIN)