Gaya Hidup Agregasi    Senin, 03 Desember 2018 / 04:14 WIB

Tiba-tiba Jantung Berdetak Kencang, Berikut Alasannya

PERNAH kah Anda merasa tiba-tiba jantung berdebar dengan ritme yang cepat? Dan takut terjadi sesuatu pada kesehatan jantung Anda. Sebenarnya hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Mungkin sudah banyak yang menyuruh dan menyarankan untuk pergi ke dokter, tetapi Anda tidak melakukannya dan berpura-pura tidak peduli, padahal di dalam hati merasa takut terjadi sesuatu.

Untuk memastikannya hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pergi menemui dokter, bahkan jika itu tidak serius karena bisa saja ini menjadi awal dari sesuatu yang serius. Dilansir dari Step To Health, Minggu (2/12/2018), berikut beberapa penyebab dan alasan mengapa jantung bisa berdebar dengan ritme yang cepat.

Meminum kopi dan merokok

Ini memang sesuatu yang sederhana, seperti yang sudah kita tahu bahwa kopi memang mengandung kafein. Nah, kafein inilah yang dapat membuat jantung berdebar- debar. Namun, setiap orang memiliki reaksi yang berbeda- beda terhadap kafein jadi itu tergantung dari seberapa sering mengonsumsi kafein. Cobalah untuk mengurangi minum kopi atau yang mengandung kafein selama dua minggu, dan lihat bagaimana perubahan yang dirasakan.

Jika Anda merokok, itu membuatnya lebih buruk karena kandungan nikotin yang ada di dalam rokok. Memang jika berhenti langsung mungkin terlalu sulit tapi cobalah untuk mengurangi jumlah rokok secara progresif, sampai Anda bisa berhenti sepenuhnya.

Kecemasan

Kadang saat sedang merasa cemas, jantung dapat berdebar dengan ritme yang cepat. Hal ini dikarenakan keadaan kewaspadaan dan ketakutan yang dirasakan sesorang memicu jantung berdebar lebih kencang.

Dan ketika merasakan jantung berdebar dengan ritme yang cepat, hal ini malah menambah rasa cemas dan takut yang kita rasakan. Jadi, satu-satunya cara untuk menghentikan ini adalah menemui dokter. Maka, Anda akan merasa lega mengetahui bahwa itu bukan sesuatu yang buruk.

Anemia

Anemia terjadi ketika kita memiliki tingkat sel darah merah yang rendah. Padahal hal Ini sangat penting untuk oksigenasi jantung. Jadi, bisa saja Anda mengalami jantung yang berdebar karena mengalami anemia. Intensitas ini tergantung pada tingkat anemia Anda.

Gejala penyakit koroner atau kardiovaskular

Memang benar bahwa perasaan berdebar - debar mungkin merupakan tanda bahwa Anda menderita kondisi seperti ini. Itu bisa disebabkan oleh cedera di otot, arteri atau dalam sirkulasi darah.Namun, banyak orang yang mengalami kondisi seperti ini ketika situasinya sudah sangat serius.

Sebelum bertambah buruk penting sekali untuk segera menemui dokter karena para dokter akan mencari tahu apa yang terjadi pada kesehatan jantung Anda dan berusaha untuk mengobatinya.

Jadi, jangan takut untuk memeriksakan kesehatan jantung Anda karena dengan mengambil tindakan yang cepat, Anda bisa merasa tenang dan berhenti khawatir. (*)