Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 02 Desember 2018 / 12:30 WIB

Syeh Fadhil Memburu Kitab Syeh Abdul Qadir Al-Jailani

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Ulama internasional asal Istambul Turki Sayyid Syeh Prof Dr Muhammad Fadhil Al-Jailani bertekad keliling dunia untuk menemukan kembali kitab-kitab kakeknya Syeh Abdul Qadir Al-Jailani. Sudah lebih dari 50 negara didatangi Syeh Muhammad Fadhil yang juga Guru Besar Ilmu Tasawuf di sebuah universitas di Amerika  ini. Tekad itu dilakukan demi meluruskan kembali kitab kakeknya yang banyak dipalsukan.

“Banyak karya Syeh Abdul Qadir yang dipalsukan oleh Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnu Qasim Aljauzi. Dan tidak ada ulama di dunia ini yang membantahnya. Maka kitab Syeh Abdul Qadir saya tuliskan kembali untuk mengcounter apa yang telah dilakukan oleh orang-orang Wahabi yang telah memalsukan kitab-kitab Syeh Abdul Qadir,” katanya di hadapan Jamaah Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah di aula Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nawawi (STAIAN) Berjan Kabupaten Purworejo.

Syeh Muhammad Fadhil berada di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi Asuhan KH Achmad Chalwani selama dua hari hingga, Sabtu (1/12/2018), selain memberikan ijazah kubro terhadap mursyid thoriqoh, kyai, alumni dan santri juga menjadi pembicara dalam peringatan Haul Syeh Abdul Qadir di Ponpes itu.

Cicit ke-25 Syeh Abdul Qadir Al-Jailani ini mengaku, sudah lebih dari 40 tahun berkeliling mancanegara untuk mencari manuskrip-manuskrip karya Syeh Abdul Qadir Al-Jailani yang tersebar di berbagai negara. “Selama ini masih banyak orang yang mengenal manaqibnya. Atau sejarah hidupnya saja. Padahal, itu baru sebagian kecil tentang diri Syeh Abdul Qadir,” tandasnya.(Nar)