DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 30 November 2018 / 13:51 WIB

JAFF 2018, Dari Sultan Agung Untuk NKRI

YOGYA, KRJOGJA.com - Penayangan film sultan agung di acara Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) menghadirkan Hanung Bramantyo dan Christine Hakim. Keduanya Sharing dalam sesi QnA setelah pemutaran Film di gedung Empire XXI Kamis 29/11/2018.

Dalam sesi tersebut Christine Hakim selaku pemeran Ibu dari Sultan Agung mengucapkan rasa syukur dengan keberanian Hanung dan investor yang merealisasikan film ini. Baginya film sultan agung adalah sebuah catatan sejarah bahkan meyakini dalam pembuatan film ini karena ketentuan Tuhan. Berkesempatan untuk merekonstruksi skenario Tuhan. 

"Kan Sultan Agung bukan tokoh fiksi, dia hamba tuhan, bayangkan jadi ini sebuah tantangan tersendiri buat kita," ungkapnya.

Dia menjelaskan ada pembelajaran yang didapat ketika melakoni film sejarah ini, kekuasaan Tuhan itu tidak bisa dirampas. Perjalanan peradaban manusia di Indonesia yang menjadikan bangsa ini dari sabang sampai merauke. Karena itu, mengajak untuk selalu berifikir dengan akal sehat, menghadapi ego dan mengontrol hawa nafsu.

"Film ini juga mengajarkan bahwa melahirkan NKRI itu sangat panjang. NKRI adalah ciptaan tuhan dengan segala kehidupan dan keanekaragamanya. Sebagai rasa syukur kita semuanya harus menjaga itu. Menghargai apa yang sudah diperjuangkan oleh nenek moyang kita." (Fathoni)