Gaya Hidup Editor : Agus Sigit Kamis, 29 November 2018 / 02:13 WIB

Bikin Foto Instagramable dengan HP, Bisa!

Instagram, sebuah platform media sosial yang menyajikan fasilitas berbagi foto dan video sebagai konten utama ini memang sedang melejit beberapa tahun belakangan. Penggunanya yang berasal dari bebagai negara membuat Instagram menjadi platform yang efektif dalam pertukaran informasi digital, seperti tren, wisata, dan lain sebagainya.

Tingginya animo masyarakat dunia, membuat para pengguna Instagram berlomba-lomba dalam mengasah kreatifitas mereka melalui foto-foto yang diunggah. Selain tema, menghasilkan foto apik dan juga instagramable biasanya lekat dengan penggunaan kamera canggih atau fotografer handal.

Namun siapa sangka, kini foto-foto apik dan juga instagramable dapat dihasilkan hanya dengan menggunakan kamera smart phone yang Anda miliki. Hal ini dibuktikan oleh pemilik akun @pandesatyaa bernama Ni Putu Pande Satya Anjani, seorang penggiat fotografi yang mengisi feeds Instagramnya dengan hasil foto yang ia tangkap melalui smart phone. Akun ini menyajikan foto landscape yang memanjakan mata dengan tema pemandangan khas Indonesia.
Pande, sapaan akrab mahasiswi asal Bali ini menceritakan awal mula ia menyukai fotografi.

“Mulai suka foto di akhir masa SMP dan itu berawal dari kamera pinjaman, Setelah itu mulai belajar gimana menghasilkan foto yang bagus” ujarnya.

Menekuni bidang fotografi, Pande menjelaskan jenis foto yang ia tekuni dan juga disajikan di akun Instagramnya,
“Untuk objek aku suka manusia tapi untuk genrenya aku lebih suka foto landscape traveling. Jadi aku suka foto pemandangan, lebih spesifiknya aku lebih suka foto pegunungan. Pantai juga suka tapi lebih condong ke pegunungan sih aku. Jadi foto-foto di Instagram ku itu semacam jurnal perjalananku” jelasnya.

Pande menegaskan bahwa dalam menghasilkan foto yang baik bukan bergantung dari alat yang digunakan namun dari pemahaman fotografi dan kreatifitas. “Masalah apa yang dipake, entah itu kamera atau smart phone sebenernya sama aja, asal kita paham dasar fotografi dan yang paling penting kreatif” tegasnya.

Lebih lanjut, Pande menjelaskan bagaimana mengasah kreatifitas agar menghasilkan foto yang menarik. “Kreatif yang dimaksud itu, kita harus paham apa yang menurut kita bagus dan sudah tahu foto tersebut mau dibikin seperti apa. Untuk mengasahnya, yang pertama kita harus terbiasa mengasah ide kita dengan cara melihat foto-foto bagus milik orang lain, dengan begitu kita bisa lebih kreatif lagi dan tahu jenis foto apa yang bisa diterima masyarakat, Jadi mencari referensi itu penting” jelasnya.

Tak hanya soal hasil foto, aspek penting lain dalam menghasilkan feeds yang Instagramable juga dibutuhkan konsistensi dari segi konten, pengunggahan dan editing.

“Sebenernya agar feed Instagram jadi Instagramable itu kita harus konsisten, konsisten dari pengupload-an foto, konsisten editing, konsisten kontennya apa, itu tuh salah satu faktor yang bikin feed menjadi eye catching. Misalnya konsisten upload 3 kali sehari dengan tema yang sama, kemudian tone warna foto juga harus konsisten. Kalau mau biru ya biru semua, kalau kuning ya kuning semua, ini bisa jadi ciri khas dari yang punya IG itu sendiri” jelasnya.

Sebagai penutup, Pande menuturkan bahwa menurutnya. feeds Instagram adalah cerminan diri dari si pemilik akun, sehingga ia menyarankan agar para pengguna platform ini lebih memperhatikan apa yang diunggah. “Menurutku feeds Instagram itu adalah otak dari sang pemilik akun, jadi lebih baik kita penggunanya memperhatikan apa yang kita unggah” tutupnya. (*)

Reporter: Putri Pratiwi Adiningsih