Hiburan Editor : Agung Purwandono Rabu, 28 November 2018 / 07:37 WIB

Jadi Pembuka JAFF 2018, The Man From The Sea Gambarkan Tema ‘Disruption’

YOGYA, KRJOGJA.COM - Gelaran Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 diawali dengan pemutaran film "The Man From The Sea" besutan Sutradara Koji Fukada di Jogja Nasional Museum Selasa (27/11/2018) . Berlatarkan daerah Aceh pasca tsunami 2004, film hasil kerjasama sineas Jepang dan Indonesia ini dinilai sesuai dengan tema Festival kali ini yakni ‘Disruption’ yang bermakna gangguan.

"Man From The Sea dipilih karena menggambarkan natural disruption, dimana hal itu berpengaruh juga pada disrupsi sosial dan politik. Hal itu sesuai dengan tema kami kali ini,” ungkap Budi Irawanto selaku Presiden JAFF 2018 dalam sambutannya.

 Sebelum pemutaran, beberapa orang dibalik film bergenre drama fantasi ini diajak untuk maju kedepan dan memberikan sedikit tanggapan. Sekar Sari yang berperan sebagai Siti dalam film menjelaskan bahwa baginya film ini bercerita tentang hidup dan pencarian akan makna.

Antusiasme penonton terlihat dari padatnya tempat pertunjukkan walau hujan mengguyur daerah sekitar sejak sebelum acara dimulai. Film ini mendapat tanggapan cukup menarik, walaupun alur cerita fantasinya membuat penonton sedikit berpikir dalam-dalam.

“Film ini sinematografinya keren dan menarik, ya walaupun tema uniknya bikin sedikit bingung,” ungkap Wildan Sigit Irfan salah satu penonton dari Amikom Yogyakarta terkait film yang juga diperankan Adipati Dolken ini.

Tampak hadir beberapa tokoh perfilman Indonesia pada gelaran JAFF ke-13  yang akan berlangsung hingga Selasa (4/12/2018) ini. Mulai dari Garin Nugroho, Joko Anwar, hingga Aktor Morgan Oey nampak antusias di barisan depan penonton. (Hammam Izzuddin