DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 25 November 2018 / 08:43 WIB

Prajurit Lanal Yogyakarta Tanam Mangrove di Pantai Baros

BANTUL, KRJOGJA.com - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar Karya Bhakti dengan penanaman 3.000 bibit pohon mangrove di kawasan Konservasi dan Ekowisata Mangrove Pantai Baros Kretek Bantul, Senin pagi (19/11/2018). Penanaman mangrove ini dipimpin langsung Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Haryo Wiji Pratomo mewakili Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano.

Danlanal Yogyakarta dalam amanatnya menyampaikan karya bhakti ini merupakan wujud kebersamaan TNI Angkatan Laut Lanal Yogyakarta bersama TNI Polri serta komponen masyarakat lainya. Diharapakan dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dalam upaya dini pencegahan abrasi pesisir pantai selatan.

"Juga sebagai wujud dharma bhakti Lanal Yogyakarta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pengembangan kawasan konservasi dan ekowisata hutan mangrove di Pantai Baros," tegasnya.

Karya Bhakti ini mengambil tema 'Melalui Kegiatan Karya Bhakti TNI Matra Laut Kita Pelihara Netralitas dan Kemanunggalan Dengan Rakyat untuk Mewujudkan TNI Yang Siap Melaksanakan Tugas Pokok'. Selain penanaman pohon mangrove, Karya Bhakti juga melaksanakan renovasi tiga unit MCK milik warga.

Bupati Bantul melalui Plt Kepala DLH Bantul Aris Suharyanto mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan jajaran Lanal Yogyakarta. Kegiatan ini sangat bersinergi dengan program kerja DLH Kab Bantul khususnya wilayah laut dan pesisir sejalan dengan perintah Gubernur DIY Sri Sultan HB X untuk menjadikan wilayah pesisir laut selatan sebagai beranda depan DIY. (*)