DIY Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 23 November 2018 / 15:06 WIB

Lava Bantal Tujuan Wisata Baru Terpopuler

SLEMAN, KRJOGJA.com - Objek wisata Lava Bantal yang ada di Kecamatan Berbah Sleman, sukses meraih penghargaan dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 sebagai tujuan wisata baru terpopuler. Lava Bantal ada di peringkat kedua dibawah Kampung Terih Kepulauan Riau. Sedangkan posisi ketiga diraih Geopark Ciletuh Jawa Barat.

Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih dalan Malam API 2018 di Jakarta, Kamis (22/11). Lava Bantal sendiri menjadi satu satu sembilan geo heritage yang ada di Yogyakarta.

"Ini menjadi PR kita bersama. Karena dengan penghargaan tidak berhenti sampai disini. Melainkan bagaimana kedepan kita bisa untuk bekerjasama untuk melakukan pembenahan lokasi dan perencanaan pengembangan ke depannya," ujar Sudarningsih, Jumat (23/11).

Lava Bantal memiliki keunikan yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Hanya saja masih sebatas di lava bantalnya saja. Padahal kawasan tersebut memiliki potensi daya tarik wisata yang menarik. Untuk itu, program pengembangan akan terus dilakukan. 

Sudarningsih menjelaskan, saat ini sudah dibuat master plan untuk pengembangan kawasan. Selain itu juga ada kajian pengembangan ekonomi dan pariwisata. Khususnya pada kawasan Lava Bantal, Candi Abang dan Gua Sentono untuk menjadi paket wisata heritag. 

"Kami juga akan melakukan peningkatan kapasitas SDM masyarakat sekitar. Tepatnya warga di Desa Jogotirto, Kalitirto dan Tegaltirto Berbah," ungkapnya. (Awh)