Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 22 November 2018 / 18:44 WIB

Pendakian Gunung Merbabu Diawasi CCTV

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Jalur pendakian di Gunung Merbabu melalui pintu masuk Selo saat ini sudah dipantau lewat Camera Closed Circuit Television atau CCTV untuk memantau aktivitas pendakian. Nantinya, seluruh jalur pendakian dari pintu pendakian lainnya juga akan dipantau lewat CCTV. 

"Supaya pemantauan (aktivitas pendaki) lebih mudah," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Edy Sutiyarto, Kamis (22/11). 

Diterangkan lebih jauh, di jalur pendakian melalui Selo, ada dua titik CCTV yang dipasang, yakni di dekat pos pintu masuk pendakian serta di kawasan Sabana I. Di kawasan yang sering menjadi tempat pendaki nge-camp atau menggelar tenda tersebut, terdapat tiga CCTV yang dipasang di menara. Masing-masing mengarah ke puncak, kawasan sabana, serta satu CCTV mengarah ke panel tenaga surya yang menjadi sumber energi CCTV. 

Adanya CCTV tersebut akan memudahkan pemantauan aktivitas pendakian, semisal saat terjadi keadaan darurat yang membutuhkan pengamanan cepat. Sebab sebelumnya, pengawasan aktivitas pendakian dilakukan secara manual oleh relawan pengamatan langsung di lokasi. Lebih sering, saat terjadi insiden selama pendakian baru diketahui setelah adanya laporan langsung dari pendaki bersangkutan. (Gal)