Jateng Editor : Ivan Aditya Kamis, 22 November 2018 / 10:18 WIB

LESTARIKAN WARISAN BUDAYA BERBASIS TEKNOLOGI

Udinus Masuk LEPRID

SEMARANG, KRJOGJA.com - Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dinilai Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) patut mendapatkan apresiasi terkait upaya penyelamatan dan pelestarian warisan seni budaya Indonesia berbasis teknologi. Salah satu karya kreatifnya telah mengaplikasikan gamelan dalam bentuk digital dan telah diperkenalkan keliling dunia.

Dengan E-Gamelan maka lebih memudahkan orang untuk memainkannya dan sangat simpel. E-Macapat juga merupakan karya yang luar biasa dalam mendokumentasikan karya macapat berbasis teknologi digital.

Selain itu Udinus juga mempelopori dan membuat ruang berbasis media sosial Madhang.id dan Kandhani.com. Madhang.id adalah saluran pelestari dan informasi seputar kuliner lokal Semarang, sedangkan Kandhani.com merupakan saluran media informasi seni dan budaya. Adalagi Benthik VR, yang perupakan permainan tradisional yang diaplikasikan dalam teknologi game virtual 3D.

Direktur Utama Leprid Paulus Pangka SH memberikan penghargaan Prestasi Leprid kepada Fakultas Ilmu Komputer Udinus dan Inakriya selaku penyelenggara Event Kreatif Berbasis Teknologi dan Seni Budaya 'Galaxy Technoart', Rabu (21/11/2018) malam di Citraland Mall Semarang. Selain itu juga mencatatnya sebagai rekor prestasi ke-421.

"Kami sangat bangga dan takjub atas inovasi yang dikmbangkan Udinus dalam upayanya melestarikan warisan budaya Indonesia. Karena itu prestasi yang telah dicapai  ini sekiranya bisa menjadi motivasi untuk mendorong perguruan tinggi lainnya meningkatkan prestasi dengan penmuan-penemuan inovatif,” ujar Paulus Pangka SH. (Cha)