DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 21 November 2018 / 11:31 WIB

Evaluasi PMPS 2018, Banyak Keluhan Jadi Perhatian

YOGYA, KRJOGJA.com - Rangkaian Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2018 resmi berakhir, Selasa (20/11/2018) malam. Selama hampir 20 hari penyelenggaraan, tidak sedikit pekerjaan rumah yang menjadi bahan evaluasi ke depan. 

"Soal permainan itu pasti ada. Banyak masukan, kritik, saran dari masyarakat yang akan menjadi bahan pertimbangan dan pembahasan dalam evaluasi mendatang," tutur Kabid Informasi dan Statistik Dinas Kominfo dan Persandian Kota Yogyakarta, Tutik Susiatun SPt, Selasa (20/11/2018) malam.

Menurut Tutik, persoalan tata letak stan Sekaten juga akan menjadi bahan evaluasi. Sebab penataan stan saat ini masih belum maksimal sehingga kenyamanan pengunjung masih harus ditingkatkan.

"Misalnya saja saat prosesi Miyos Gangsa dan Kondur Gangsa. Area jalannya masih belum maksimal," sebutnya.

Termasuk stan awul-awul nantinya masuk dalam agenda evaluasi. Dalam hal ini penempatan stan dan pelaksanaannya di lapangan bakal dievaluasi mendalam.

"Harapannya ke depan semua berjalan bagus. Semua dapat diuntungkan, baik pengunjung, pemerintah maupun pedagang," jelas Tutik.

Persoalan parkir pun pada evaluasi termasuk akan dibahas. Ia menuturkan banyak keluhan masyarakat yang semestinya mendapat perhatian pemerintah. Jangan sampai nantinya persoalan parkir ini justru memberatkan masyarakat karena tarif cukup tinggi yang dipatok pengelola.

"Kami kumpulkan bahan untuk evaluasi. Semoga segera bisa dilaksanakan dan ada gambaran untuk PMPS 2019 yang lebih baik," ucap Tutik. (Feb/Dev)