DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 15 November 2018 / 19:34 WIB

Prajurit Lanal Yogyakarta Ikuti Uji Terampil Glagaspur

YOGYA, KRJOGJA.com - Tim Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Komando Latihan Armada (Kolatarmada) II memberikan apresiasi atas hasil pelaksanaan uji terampil Glagaspur P1 dan P2 Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V yang dilaksanakan selama 3 hari pada Senin-Rabu (12-14/11/2018). Hal tersebut disampaikan Ketua Tim (Katim) penguji Letkol Laut (P) DA Mansyur saat acara Evaluasi dan Penutupan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 di aula Mako Lanal Yogyakarta.

Apresiasi berdasarkan hasil penilaian langsung tim penguji, meliputi telah dilaksanakanya setiap tahapan latihan sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ditentukan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan tahap pengakhiran serta tercukupinya software satuan kerja pendukung kesiapan pangkalan. Hal lain sebagai aspek penilaian bahwa dalam pelaksanaan uji terampil P1 dan P2 senantiasa dilaksanakan dengan keseriusan, semangat tinggi serta kekompakan dari segenap prajurit.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano menyampaikan pelaksanaan uji terampil Glagaspur P-1 dan P-2 merupakan upaya pimpinan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman. Hasil evaluasi oleh tim penguji Kolatarmada II akan menjadi referensi dalam pembinaan kesiapan pangkalan dimasa depan melalui latihan secara terprogram dan terjadwal.

"Ini sebagai upaya meningkatkan profesionalisme prajurit dan PNS dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Lanal Yogyakarta," tegas Arya Delano.

Adapun rangkaian kegiatan uji terampil Glagaspur P1dan P2 Lanal Yogyakarta dilaksanakan sejak Senin yang diawali dengan upacara penerimaan dan pembukaan di aula Mako Lanal Yogyakarta. Dianjutkan uji tertulis setiap bidang tugas dan pelaksanaan drill di lapangan meliputi materi Kebaharian dan Kepelautan antara lain Peluit Khas TNI Angkatan Laut serta beberapa materi lainnya. (*)