Gaya Hidup Editor : Ivan Aditya Kamis, 15 November 2018 / 08:16 WIB

95 Persen Musik Indonesia di YouTube Tak Miliki Hak Cipta

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kepopuleran konten musik Indonesia di YouTube ternyata menyimpan bara. Wakil Ketua Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Wahana Musik Indonesia (WAMI) Irfan Aulia Irsal menyebut sebagian besar konten musik tersebut tak memiliki hak cipta.

"Pada saat ini, komposer masih belum punya kendali untuk mengatur konten digitalnya di platform seperti YouTube atau Daily Motion dan sebagainya," ungkapnya.

Lemahnya kekuasaan itu karena persoalan hak cipta di dunia maya yang belum juga menemukan titik terang sejak Indonesia mulai bergelut dengan persoalan ini pada 2016.

"Berdasarkan keterangan Kepala Hak Cipta YouTube Asia Pasifik sebelumnya, kami (Indonesia) hanya mengumpulkan 5 persen dari total koleksi yang ada. Jadi dapat kalian bayangkan, masih ada 95 persen yang belum terkumpul," jelasnya lebih lanjut.

Ketiadaan kejelasan akan hak cipta ini bisa berimbas pada masalah royalti atau hak ekonomi para pencipta yang tak terpenuhi, hingga masalah pembajakan. Menurut pria yang dikenal sebagai Irfan 'Samsons' ini, jejaring berbagi video gratis itu masih berlindung di bawah payung kebijakan 'platform yang pasif dan netral' sehingga terkesan bebas dari tanggung jawab. (*)