Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 03 September 2016 / 20:17 WIB

Mencari Pengganti Budi Gunawan

JAKARTA (KRjogja.com) - Kepala Lembaga Pendidikan Polri, Komisaris Jenderal Syafruddin menjadi kandidat kuat menggantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Wakil Kapolri. Nama Syafruddin muncul menjadi calon wakapolri pertama kali diungkapkan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Ade Komarudin.

"Insya Allah (Syafruddin Wakapolri) iya, tapi jangan mendahului Tuhan," kata Ade di Gedung DPR.

Menanggapi pernyataan tersebut, pengamat kepolisian Edi Saputra Hasibuan menghargai masukan yang disampaikan Ade Komarudin. Namun, mantan Komisioner Komisi Kepolisian Nasional itu menegaskan, calon wakapolri bergantung dari keputusan Kapolri dan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri.

Prosedur pemilihan wakapolri berada di Wanjakti Polri. Setelah itu, nama calon yang terpilih akan diajukan ke Presiden Joko Widodo untuk dimintai persetujuan. "Nama yang diajukan bisa satu atau dua nama. Nanti Presiden yang tunjuk," kata Edi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengajukan nama Budi Gunawan menjadi calon kepala BIN. Jika terpilih, maka kursi wakapolri akan mengalami kekosongan. Terdapat beberapa calon potensial yang layak mengisi jabatan bintang tiga tersebut.

Mereka adalah Komisaris Jenderal Budi Waseso yang menjabat Kepala BNN, Komisaris Jenderal Eko Bayuseno menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri, Komisaris Jenderal Suhardi Alius Kepala BNPT dan Komisaris Jenderal Syarifuddin yang menjabat Kalemdikpol Polri. (*)