DIY Editor : Agus Sigit Selasa, 13 November 2018 / 16:35 WIB

Jogja Bakal Jadi Tuan Rumah Matra Award 2018

YOGYA, KRJOGJA.com - Kompetisi Karya kriya perupa muda tingkat nasional atau Matra Award 2018 akan digelar di Pendhapa Art Space Yogyakarta pada 21–30 November 2018 mendatang. Matra Award bakal diselenggarakan untuk pertama kali di Yogyakarta.

Project Leader Matra Award 2018, Rosanto Bima Pratama menjelaskan untuk tahun ini tema yang diangkat adalah “Dimension x Resonance”. "Sebuah karya haruslah memiliki kekuatan dengan lingkungan diluar materialnya. Tujuannya agar sebuah karya tidak berhenti menjadi karya saja, namun juga harus memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan, budaya dan masyarakat," ujarnya dalam rilis.

Bima menjelaskan bahwa animo kriya muda Indonesia sangatlah besar. Ini dibuktikan dengan ratusan karya yang masuk. Ratusan karya yang telah masuk akan diseleksi menjadi 32 karya untuk dipamerkan selama 10 hari di Pendhapa Art Space. 12 Nominasi terpilih akan memperebutkan 4 kategori juara..

Tidak hanya pameran, Matra Award juga mengadakan sesi Workshop Ecoprint pada 23 November 2018 di Pendhapa Art Space oleh Novi Bamboo. Ecoprint adalah teknik membatik menggunakan bahan alami. Workshop ini dapat diikuti dengan cara mendaftar terlebih dahulu karena kuota terbatas. 

Masih dalam rangkaian acara Matra Award 2018 masyarakat umum juga dapat mengikuti Gallery Tour pada tanggal 27 november 2018. Masyarakat diajak mengunjungi Tembi Rumah Budaya, Padepokan Seni Bagong Kussudiardjo serta Galeri Satiaji Sclupture & Artwork. Kegiatan ini Gratis dengan cara mendaftar terlebih dahulu kepada panitia Matra Award. 

Selanjutnya pada tanggal 28 november 2018 di Gedung Ajiyasa FSR ISI Yogyakarta akan dilaksanakan Seminar Batik, BATHIK BATHUK BATHOK BATHIN dengan tema “Tradisi, Potensi Masa Depan”. Seminar ini akan mengundang Bayu Aria, Caroline Rika dan Abdul Syukur sebagai pemateri. Masyarakat umum dapat mengikuti seminar ini secara Gratis. 

Penutupan Matra Award 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2018 di pendhapa Art Space Yogyakarta. Selain pengumuman 4 kategori pemenang, Closing ceremony akan menampilkan berbagai tarian dari UKM Tari Universitas Ahmad Dahlan, Azalea Dancer, SDC Universitas Negeri Yogyakarta dan Mila Art Dance. Gabriela Fernandez serta grup musik Half Eleven Pm akan menutup malam puncak Matra Award 2018. (*)