Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 05 November 2018 / 22:05 WIB

Soal Serangan Arab Saudi ke Yaman, Begini Komentar Trump

WASHINGTON, KRJOGJA.com – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menuding Arab Saudi tidak bisa menggunakan senjata buatan AS dengan benar dalam konflik di Yaman. Dalam wawancara dengan Axios, Trump menyebutkan serangan Arab Saudi terhadap sebuah bus yang membawa anak-anak sekolah sebagai contoh ketidakmampuan Arab Saudi tersebut.

Pada 9 Agustus, serangan udara yang dilakukan oleh koalisi pimpinan Saudi di Saada, Provinsi Yaman utara, menabrak bus yang membawa siswa sekolah dari kamp musim panas, menewaskan lebih dari 50 orang, kebanyakan dari mereka di anak-anak.

"Saya pikir ini situasi yang mengerikan. Saya benci melihat apa yang terjadi dengan bus dan anak-anak ... Itu adalah pertunjukan horor ketika kamu melihat sesuatu seperti itu ... insiden itu pada dasarnya dikarenakan orang yang tidak tahu bagaimana menggunakan senjata, " kata Trump dalam wawancara yang dirilis pada Senin itu.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa AS "mengamati apa yang terjadi di Yaman dengan sangat hati-hati."

Mungkin sekarang itu adalah tempat terburuk di Bumi ... Saya akan berbicara tentang banyak hal dengan Saudi, tapi tentu saja saya tidak akan memiliki orang-orang yang tidak tahu bagaimana menggunakan senjata menembak di bus dengan anak-anak , " ujarnya sebagaimana dilansir Sputnik, Senin (5/11/2018).

Koalisi pimpinan Saudi yang didukung AS telah terlibat dalam konflik di Yaman untuk mengalahkan kelompok Houthi sejak 2015. Konflik di negara itu sampai saat ini dilaporkan telah menewaskan puluhan ribu jiwa, termasuk korban warga sipil. (*)