Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 05 November 2018 / 13:31 WIB

Supaya Orang Desa Makin Pintar Festival Perpusdes Digelar

PURWOREJO, KRJOGJA.com -  Gelar festival perpustakaan desa (Perpusdes) sebagai implementasi ilmu yang diserap masyarakat menjadi bagian penting Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Purworejo, dalam mendorong masyarakat untuk memberdayakan diri melalui berbagai ilmu.

“Dari ilmu yang didapat melalui berbagai literasi inilah masyarakat dapat mengembangkan potensi diri,” kata Kepala Dinarpusda Purworejo Tri Joko Pranoto SIP, Senin (5/11/2018).

Dalam mengimplementasikan ilmu yang diserap masyarakat ini Dinarpusda menggelar Festival Pepusdes. “Festival ini sebagai wujud unjuk kemampuan masyarakat setelah mendapat ilmu dari keberadaan Perpusdes,” jelas Tri Joko Pranoto.

Dalam festival ini digelar peragaan dan rias pengantin gaya Solo. Sebelumnya Dinarpusda juga menggelar berbatai kursus tata rias pengantin, bahkan sampai pada pranata cara adat pernikahan dan lainnya. “Puncaknya kita gelar festival ini sehingga secara nyata masyarakat bisa melihat hasil yang didapat selama berlatih melalui program Dinarpusda,” tambahnya.

Selama ini lanjut Tri Joko Pranoto, konotasi masyarakat tentang perpustaan  masih berkutat pada pinjam meminjam buku. “Padahal inti dari Perpustakaan itu sendiri untuk memberikan pembelajaran secara nyata kepada masyarakat,” tandasnya. (Nar)