Wisata Editor : Agung Purwandono Sabtu, 03 November 2018 / 14:27 WIB

Nasi Goreng Pak Pele, Nikmatnya Aje Gile!

BERKUNJUNG ke Yogyakarta, belum afdol jika belum menikmati indahnya suasana malam Jogja yang terkenal syahdu. Salah satu tempat favorit saya di kota ini adalah kawasan Alun-Alun Utara.

 Menikmati Alun-Alun Utara kota Jogja, tidaklah lengkap jika belum mencoba deretan kuliner yang ada di sekitar kawasan tersebut. Salah satu spot kuliner yang menyita perhatian saya adalah sebuah warung sederhana ada di sebelah pojok tenggara Alun-Alun Utara atau sering disebut Altar.

 Kedai sederhana yang tampak sangat berbeda dengan tempat kuliner lain di sekitarnya berdiri di pojok tenggara Altar setiap malam. Tempat tersebut adalah warung Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele. Meskipun tidak semewah tempat di sekitarnya, papan kuliner milik pak Pele ini tak pernah sepi pengunjung.

 Ada beberapa hidangan yang ditawarkan pak Pele, mulai dari Bakmi Jawa, Nasi Goreng, hingga Magelangan. Melihat ramainya pengunjung saya pun tertarik untuk mencobanya. Saya memesan nasi goreng pak Pele sebagai makan malam saya.

 Cita rasa nasi goreng buatan pak Pele ini berbeda dengan nasi goreng lainnya. Rasa dari nasi goreng pak Pele cenderung mirip dengan rasa bakmi jawa yang manis, gurih, dan kaya akan kaldu. Perpaduan manis dan gurih menjadi suatu kesatuan yang pas sehingga makanan ini terasa nagih bagi saya yang baru pertama kali mencicipinya.

 Telur yang digunakan berbeda dengan nasi goreng lainnya. Dalam menyajikan nasi gorengnya pak Pele menggunakan telur bebek yang menambah cita rasa gurih. Selain itu, saya juga bisa meminta tambahan topping uritan dan lain sebagainya sesuai keinginan saya.

 Berdiri sejak tahun 1982, warung pak Pele tak pernah sepi pengunjung. Setiap hari pak Pele bisa menjual 200 sampai 300 porsi menunya. Pada hari libur, pengunjung bisa membludak sehingga antrian untuk dapat menikmati olahan pak Pele ini cukup memakan waktu lama kurang lebih satu jam.

 Setiap hari warung Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele buka sejak pukul 6 sore hingga pukul setengah 12 malam. Selain cita rasanya yang menurut saya tiada dua, suasana warung yang sederhana ini membuat saya betah berlama-lama di sana.

 Suasana malam di Alun-Alun Utara kota Jogja sembari menyantap nasi goreng pak Pele adalah nikmat yang luar biasa bagi saya. Saya juga bisa menikmati live music dari musisi-musisi kota Jogja yang menambah nikmat suasana yang ada. Jadi, jika berkunjung ke kota pelajar ini, jangan lupa nikmati malammu bersama nasi goreng pak Pele yang nikmatnya aje gile!  (Aisa Oktifani)