Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 28 Oktober 2018 / 23:50 WIB

SMK TKM Gembleng Siswa Melalui Saka Wira Kartika

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pilar perekat keragaman menjadi sangat penting untuk membina generasi muda dalam kondisi kehidupan yang semakin plural. Dengan mengedepankan toleransi, maka dalam diri generasi muda akan tertanam jiwa patriot dan mampu menghargai setiap perbedaan.

Untuk membina genearasi muda inilah, melalui Pramuka Saka Wira Kartika SMK TKM Teknik Tamansiswa Kabupaten Purworejo menjalin kerjasama Dengan Kodim 0708 Purworejo untuk melakukan pembinaan. Kerjasama ini secara resmi dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU)  yang ditandagangani Kepala SMK TKM Teknik Tamansiswa Purworejo Ki Gandung Ngadina SPd bersama Dandim 0708 Purworejo Letkol (Inf) Muchlis Gasim SH MSi yang sekaligus selaku Kamabisaka.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Makodim ini sekaligus ditindaklanjuti dengan pelantikan Bandara bagi Pramuka Saka Wira Kartika yang diikuti 150 siswa/siswi dan perkemahan Sabtu Minggu (28/10/2018) (Persami) di lapangan Batalyon 412.

“Kerjasama dengan Kodim ini karena saya yakin TNI memiliki wawasan kebangsaan yang sangat kuat dengan berbagai kedisiiplinan,” kata Ki Gandung Ngadina.

Muchlis Gasim berharap, Pramuka SakaWira Kartika mampu menjadi filter di tengah derasnya arus globalisasi yang memiliki potensi besar untuk merubah karakter generasi muda. “Gerakan Pramuka selama ini telah mempu membentuk pribdi yang santun melalui norma-norma sosial dimana anak-anak akan mempu mengimpletasikannya,” jelasnya. (Nar)