DIY Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 28 Oktober 2018 / 09:25 WIB

Optimalkan Jam Buka, Omzet Pedagang Beringharjo Melesat

SEJAK diresmikan pada 11 April lalu, Pasar di ujung jalan Malioboro itu yang biasanya tutup pada 17.00 WIB, kini beroperasi sampai 21.00 WIB. Pasar Beringharjo yang buka hingga malam disambut dengan baik oleh para pedagang dan di nilai berhasil meningkatkan penghasilan bagi sebagian pedagang.

Pedagang batik yang sudah 8 tahun berjualan di Beringharjo Ditta Yuliastuti, 34 mengatakan, di bulan April sampai bulan Oktober ini pasar buka sampai malam, omset penjualannya meningkat. “Alhamdulillah tambahan omset sekitar 40 persen dalam sehari dengan tambahan jam buka ini,”ujarnya kepada Krjogja.com (26/10)
 
Kendati demikian, Ditta harus mencari karyawan lain untuk menjaga dagangannya selama jam tambahan tersebut, “ada dua karyawan, semua pulang jam lima sore. kadang agak susah cari karyawan yang mau jaga sampai malam karena sudah capek berdagang dari pagi,” ujarnya.

Rani salah satu karyawan penjaga kios batik menilai saat akhir pekan dan musim libur seperti saat ini jumlah pembeli akan melonjak hingga 2 kali lipat. “kalau akhir pekan dan musim liburan sekolah pasti banjir pengunjung,” ujarnya. 

Meski diberikan kesempatan buka hingga malam hari, namun hanya sekitar 60% saja pedagang pasar Beringharjo Yogyakarta memanfaatkannya. Sebagian pedagang mengaku tetap memilih beroperasi hingga sore hari seperti biasanya. (Dinda Meutia)