DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 27 Oktober 2018 / 14:10 WIB

Vocalista Paradisso UPN Raih Juara 2 Kompetisi di Korsel

SLEMAN, KRJOGJA.com - Kerja keras dan latihan tanpa lelah selama enam bulan akhirnya terbayar dengan keberhasilan Paduan Suara Mahasiswa ‘Vocalista Paradisso’ UPN ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVY) meraih medali perak dalam kejuaraan Busan Choral Festival and Competition 2018 yang berlangsung di Busan, Korea Selatan, Rabu - Sabtu (17-20/10/2018) lalu. Vocalista Paradisso berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang berhasil masuk tiga besar pada kategori etnik bersama tim dari Latvia dan Polandia.

“Pada kategori ini kami bersaing dengan tim dari berbagai negara dan juga dari Indonesia yaitu UGM. Dengan kerja keras dan ketekunan akhirnya kami bisa berhasil,” kata pembina paduan suara, Dra AYN Warsiki MSi, Rabu (24/10/2018).

Melalui lagu Meplalian, Paris Barantai, Luk-luk Lumbu, dan Yamko rame yamko, Vocalista Paradisso berhasil memukau dewan juri dan seluruh undangan yang hadir. Menggandeng konduktor Setyo Watjono, Vocalista Paradisso menampilan harmonisasi lagu dan gerak yang apik.

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi kami. Terlebih menurut kami ajang ini lebih berat dan ketat dari yang pernah kami ikuti.” Ujar Warsiki.

Diakui Kiki, para anggota paduan suara melakukan persiapan panjang untuk mengikuti kompetisi tersebut. Mereka harus membagi waktu latihan dengan padatnya jadwal perkuliahan dan praktek. “Dari yang semula latihan 3 kali dalam seminggu kemudian menjadi setiap hari menjelang lomba,” ceritanya.

Bahkan, kata Warsiki untuk mendapatkan hasil maksimal, mereka membuat kostum sendiri, yang dikerjakan seusai latihan. Hasilnya mereka berhak membawa pulang sertifikat, medali, dan uang pembinaan senilai USD 3000. “Kami berterimakasih kepada universitas, pihak-pihak yang sudah membantu dan para sponsosr yang sudah mendukung kami,” ujarnya.

Busan Choral Festival & Competition 2018 merupakan lomba paduan suara tingkat dunia yang diikuti oleh 50 tim dari 12 negara. Terdapat beberapa kategori yang dilombakan, yaitu kategori Youth yang dimenangkan St Paul’s Co-educational College Treble Choir (Hong Kong), kategori Classical Mixed yang dimenangkan Chamber Choir of the Feliks Nowowiejski Academy of Music (Polandia), kategori Ethnic oleh Garkalne Mixed Choir ‘Pa Saulei’ (Latvia), kategori Classical Equal yang dimenangkan St Paul’s  Co-educational College Treble Choir (Hong Kong) dan ketegori Pop & Gospel yang dimenangkan FLOICE dari FTP Universitas Brawijaya. (MG-19)