Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 27 Oktober 2018 / 08:24 WIB

JK Kumpulkan Pimpinan Ormas Islam

JAKARTA, KRJOGJA.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengundang sejumlah pimpinan ormas Islam ke rumah dinasnya di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (26/10/2018) malam. Sejumlah perwakilan dari Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Agama, serta Polri juga dikabarkan hadir.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi membenarkan pihaknya diundang oleh JK. Mengenai agenda pertemuan, Zainut belum bisa memastikan. Namun menurut Zainut, kemungkinan besar pertemuan itu membicarakan polemik pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid yang dilakukan oknum anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Garut hingga memicu aksi protes di sejumlah daerah.

"Belum tahu yang dibahas. Kemungkinan masalah terakhir ramai dibahas," kata Zainut.

Zainut mengatakan ada lima perwakilan MUI yang direncanakan hadir. Mereka adalah Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin, Sekjen MUI Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum MUI Yunahar Ilyas, Yusnar Yusuf, dan Zainut sendiri.

Menurut Zainut  pengurus Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah juga diundang untuk duduk bersama. Perwakilan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang menghadiri pertemuan itu di antaranya Ketua PBNU Said Aqil Siroj dan Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini. Namun belum diketahui perwakilan dari PP Muhammadiyah.

Sementara itu, Ketua Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas juga dipastikan tidak hadir dalam pertemuan. Dia mengaku tengah berada di luar kota. (*)