Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 25 Oktober 2018 / 15:21 WIB

Diprotes, Perpanjangan Amdal Pabrik Semen Gombong

KEBUMEN KRJOGJA.com - Rencana PT Semen Gombong untuk merealisasikan pendirian pabrik semen di Desa Nogoraji Kecamatan Buayan Kebumen dengan cara melanjutkan proses Amdal (analisa mengenai dampak lingkungan) pabrik semen  tersebut, diprotes warga 4 desa Kecamatan Buayan (Nogoraji, Sikayu, Banyumudal dan  Karangsari) yang tergabung dalam PERPAG (Persatuan Rakyat Penyelamat Kawasan Karst Gombong Selatan). 

Sebagai bentuk protes, ratusan warga 4 desa tersebut Kamis (25/10/2018), berdemo  di depan DPRD Kebumen. Mereka menuntut dibatalkannya pendirian pabrik semen  di KBAK (kawasan bentang alam karst) Gombong Selatan guna menyelamatkan KBAK  dari kerusakan lingkungan.

40 warga peserta demo dipimpin Koordinator PERPAG, Lapiyo, kemudian beraudiensi  dengan Pimpinan DPRD Kebumen dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen yang  diwakili oleh Kepala Dinas PMPPSP (Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu) dan Kepala Dinas Perkimlh (Perumahan Kawasan Pemukiman dan LingkunganHidup) Kebumen, di Ruang Rapat DPRD Kebumen.

"Kami memprotes dilanjutkannya proses pendirian pabrik semen di KBAK  Gombong Selatan. Selain berdampak merusak lingkungan, pendirian pabrik juga  merampas hak warga untuk mengandalkan hidup sebagai petani di kawasan itu,"  ujar Lapiyo dalam audiensi di DPRD Kebumen. (Dwi)