DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 25 Oktober 2018 / 14:34 WIB

Unik, Ada Lomba Balap Gerobak Sapi di Festival Ini

SLEMAN, KRJOGJA.com - Festival Gerobak Sapi (FGS) digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (20-21/10) di lapangan Pokoh Wedomartani Sleman Yogyakarta, Setidaknya 3 rangkaian acara menarik digelar seperti Karnaval Gerobak Sapi, Lomba Custom Gerobak Sapi, dan Lomba Balap Gerobak Sapi.

"Acara kali ini mengambil tema "lentera peradaban" dengan padanan kata bahwa meski keberadaan kami sangat kecil namun mampu menjadi menopang perjalanan hasil budi daya manusia yakni kebudayaan event budaya yg menjadi ajang  berkumpulnya pemilik gerobak sapi dari berbagai kawasan DIY dan Jateng," Ujar ketua panitia FGS yang ke 6, Nuryanto.

Didukung penuh oleh pemerintah Diy melalui dinas parisiwata, tujuan utamanya yakni melesatarikan gerobak sapi sebagai kendaraan tardisional yg unik memiliki nilai sejarah dan event ini juga dimaksudkan untuk menjadi salah satu subyek destinasi wisata di DIY. Tahun ini bersama pemerintah desa Wedomartani Ngemplak Sleman.

Gelaran FSG dilengkapi dengan pameran potensi desa dalam rangka bersih desa yang memiliki benang merah dari sisi pemberdayaan masyarakat dengan munculnya event budaya festival Gerobak Sapi maka  pemilik angkutan tradisional yang penuh filosofi ini berbenah meningkatkan performa dari sekedar untuk mengangkut hasil pertanian menuju gerobak sapi wisata yang nilai ekonominya meningkat.

Nuryanto kembali menegaskan beranjak dari misi melestarikan kearifan lokal masyarakat agrari diwilayah DIY perkembangan yang cukup tajampun terjadi dari hanya puluhan  gerobak sapi yang  terhimpun diawal dari puluhan  gerobak sapi di komunitas-komunitas berkembang hingga beranjat ratusan hingga menyentuh sekitar 500an  gerobak sapi yang terhimpun dari beberapa paguyuban,katanya.

Adapun menurut Subiardianto atau bardi yang berasal dari paguyuban Makarti Roso Manunggal  membawakan gerobak custom dengan tema Dewi Sri,mendapat juara ke 3 dalam lomba jenis custom gerobak mengatakan senang mengikuti acara tersebut terlebih dapat berkumpul dengan para bajingers yang lain. (*)