Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 24 Oktober 2018 / 16:51 WIB

Bantu 450 Ekor Kambing, 6 KTT Karanggayam Siap Dikembangkan

KEBUMEN KRJOGJA.com - Guna mendukung program pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kebumen, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distapang) Kebumen menyerahkan hibah 450 ekor kambing kepada 6 kelompok tani ternak (KTT) di 4 desa, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen.

Keenam KTT tersebut masing-masing Maju Makmur Desa Karanggayam, Sumber Makmur Desa Panimpun,
Maju dan Berkah Lestari Desa Karangtengah serta Mekarsari dan Mekarjaya Desa Karangmaja.  450 ekor kambing yang diserahkan terdiri dari 90 ekor jantan dan 360 ekor betina. Diserahkan  pula, 90 buah kandang beserta 6 paket hijauan pakan ternak.

"Setiap kelompok terdiri dari 15 anggota yang merupakan warga masyarakat tergolong rumah tangga miskin (RTM). 1 anggota masing-masing mendapatkan 4 ekor betina dan 1 ekor jantan serta 1 buah kandang," jelas Kepala Distapang Kebumen, Ir Puji Rahayu, di Aula Kantor Kecamatan Karanggayam, usai penyerahan bantuan, Rabu (24/10/2018).

Dengan dibantu petugas pendamping, termasuk petugas kesehatan hewan, setiap anggota kelompok diharapkan mampu mengembangkan bantuan kambing yang diterima.

"Minimal dalam satu tahun ke depan, setiap anggota berhasil mendapatkan tambahan 4 ekor anakan dari 4 ekor kambing betina yang dipeliharanya," ujar Puji Rahayu.(Dwi)